Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru Hindera Wahyudin mendorong petani buah melon di Kecamatan Cempaka untuk meningkatkan produksi memenuhi kebutuhan lokal di kota setempat.
 
"Kami mengapresiasi petani melon di Cempaka yang sukses menanam dan panen, sehingga terus didorong agar produksinya mampu memenuhi kebutuhan melon di Banjarbaru," ujarnya di Banjarbaru, Sabtu.
 
Wakil rakyat daerah pemilihan Kecamatan Cempaka itu juga sangat mengapresiasi semangat petani menanam melon di tengah luasan lahan yang terbatas dan kesuburan tanah yang minim.
 
Sebaliknya, kata dia, petani lokal di wilayah Cempaka, khususnya di RT/RW 03/02 Kelurahan Cempaka, tetap semangat mengolah kawasan yang terbatas dan menjadikannya lahan produktif untuk bertani.
 
"Hasilnya ternyata menggembirakan karena di lahan seluas 0,5 hektare memanen 6 ton lebih buah melon," ucap Hindera yang ikut panen melon bersama Wali Kota H M Aditya Mufti Ariffin, Senin (10/10) lalu.
 
Dikatakan politisi muda Partai Gerindra itu, pihaknya di DPRD Kota Banjarbaru mendukung program yang masuk dalam visi dan misi wali kota yakni pertanian perkotaan yang lebih dikenal dengan urban farming.
 
"Salah satu pengembangan program urban farming adalah pemanfaatan lahan yang terbatas menjadi areal pertanian produktif yang hasilnya paling tidak mampu memenuhi kebutuhan lokal," ungkapnya.
 
Ditambahkan, selain mendukung program urban farming, termasuk dari sisi anggaran, pihaknya juga membantu beberapa permasalahan yang dialami petani baik peralatan maupun pengadaan bibit.
 
"Kami berharap petani di Banjarbaru terus bersemangat memanfaatkan lahan pertanian meski pun terbatas sehingga menjadi lahan produktif dan menghasilkan buah-buahan untuk kebutuhan lokal," katanya.
 
 
 
 
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022