Wakil Bupati (Wabup) Hulu Sungai Selatan (HSS), Syamsuri Arsyad mengikuti Gerakan Sholat Subuh Jumat Berkah di Mesjid Assasut Taqwa Dusun Bakuanin Desa Mawangi Kecamatan Padang Batung.

Mesjid di dusun ini menjadi tempat pelaksanaan Gerakan Sholat Subuh Jumat Berkah yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia (DMI) HSS.

"Kami merasa bergembira atas kehadiran warga yang sangat antusias mengikuti gerakan ini, atas nama bupati dan Pemkab HSS, kami sangat bersyukur begitu banyak jamaah yang ikut berjamaah," kata wabup, Jum'at (7/10).

Baca juga: Bupati HSS hadiri grand opening ceremony hari santri tingkat kabupaten

Dijelaskan dia, diharapkan suasana seperti ini terus berlangsung selamanya, kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka upaya untuk terus menyemarakkan syiar Islam, sekaligus mengajak warga giat melaksanakan sholat subuh berjamaah.

Dan ini sudah tiga bulan dilaksanakan kembali setelah terhenti saat era COVID-19, pihaknya akan terus melaksanakan berkeliling ke seluruh pelosok, karena ini perwujudan dari visi misi daerah menuju masyarakat yang sejahtera dunia dan akhirat.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSS, TGH. Jamhari Muhdin, mengatakan pentingnya akan menyempatkan diri dalam beribadah kepada Allah SWT, disela-sela kegiatan dan kesibukan sehari-hari.

"Sebenarnya Allah sudah menyampaikan kepada kita dalam Al-Qur'an tentang tujuan penciptaan kita, yakni semata-mata hanyalah untuk mengabdi atau beribadah kepadanya, jadikan ini dasar hidup, yang lain hanyalah urusan kedua dan seterusnya," katanya dalam tausiah.

Selesai sarapan bersama warga, wabup juga menyapa warga yang berbelanja dipasar murah, yang dirangkai dalam kegiatan Jumat Berkah ini oleh Dinas Perdagangan, didukung Dinas Ketahanan Pangan serta RSUD Brigjend H Hasan Basry, Kandangan.

Berbagai bahan kebutuhan pokok seperti minyak goreng, gula pasir pasir, telur, susu kaleng, tepung terigu, sarden, dan lainnya dengan harga terjangkau.

Baca juga: DMI HSS imbau tempat ibadah tidak digunakan untuk kampanye politik

Bahkan bagi warga yang ingin berbelanja juga sudah diberikan sebelumnya kupon atau voucher Rp25 ribu oleh pihak RSUD Brigjend H. Hasan Basry yang kebetulan sebagai OPD Pelaksana Kegiatan Jumat Berkah kali ini.

Dengan menggunakan voucher tersebut, maka bagi warga yang berbelanja lebih dari 25 ribu saja, hanya harus membayar sesuai dengan kelebihan dari total nominal belanja.

Turut hadir, Kepala Kantor Kemenag HSS, HM Yamani, Perwakilan Bank Kalsel Syariah, beberapa kepala OPD, Ketua DMI, Camat Padang Batung, Ketua MUI Padang Batung, Baznas HSS, Kepala Desa Mawangi, tokoh ulama, serta masyarakat sekitar.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022