Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry menghadiri grand opening ceremony Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten HSS, di halaman Pondok Pesantren (Ponpes) Dalam Kandangan (Dalpa), Kandangan.

Ia mengatakan,  mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini, dimalam hari dapat menyaksikan karya besar dari kreatifitas para santri yang di Kabupaten HSS.

 "Peringatan hari santri nasional kali ini berbeda dikemas dengan teknologi yang sekarang digandrungi, saya berharap dari kegiatan ini menjadi langkah awal yang sudah sangat baik," katanya, dalam sambutan, Selasa (4/10) malam.

Baca juga: Peletakan batu pertama pembangunan musala Komplek Guru Kapuh

Dijelaskan dia, moment peringatan ini agar menjadi dijadikan sarana untuk belajar, termasuk belajar menghargai prestasi orang lain, mengembangkan kreatifitas, dari prestasi santri lain dapat dijadikan pengalaman untuk bisa berprestasi di masa-masa akan datang.

Pemerintah daerah akan terus mendukung rangkaian hari santri, diiringi harapan dan dukungan ini agar semua rangkaian berjalan peringatan dapat berjalan dengan baik dan lancar hingga hari puncaknya, serta senantiasa dalam keridhaan dari Allah SWT.

Pengasuh Ponpes Dalpa Kandangan, TGH Syairazi, mengatakan dalam kehidupan, utamanya di dunia tidak bisa lepas para pemimpin atau umara dan para ulama, peran umara dan ulama dalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

Baca juga: Syukuran empat tahun kepemimpinan Bupati-Wakil HSS bersama ulama

"Kalau hanya ada ulama tidak akan jalan roda pemerintahan, kalau hanya ada umara maka tidak akan baik keadaan umat menuju ridha Allah SWT," katanya, yang akrab disapa Guru Syairazi.

Ditambahkan dia, bersyukur di Kabupaten HSS, setiap kegiatan senantiasa bersama-sama antara umara dan ulama, khususnya bersyukur dan berterima kasih kepada Bupati HSS yang dapat menyempatkan waktu berhadir dalam kegiatan ini, begitupun pejabat lainnya.

Pembukaan Hari santri ini diawali dengan penampilan beragam kreatiftas santri, peringatan kemudian ditandai pemukulan gong oleh Bupati HSS, Guru Syairazi, Wakil Bupati, Syamsuri Arsyad, Kepala Kemenag HSS, HM Yamani, serta tokoh undangan lainnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022