Sebanyak empat kelompok rintisan (startup) Program Kecakapan Wirausaha (PKW) tahun 2022 di LKP Cakrawala Komputer, Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST), menerima bantuan hibah berupa alat dan bahan usaha bidang keahlian desain grafis.

Penyerahan dilakukan di empat titik secara langsung di tempat yang telah ditentukan masing-masing kelompok, sekaligus tim pengelola dan instruktur berhadir untuk memberikan arahan dan pembinaan.

"Kami telah menyerahkan bantuan alat dan bahan usaha, Alhamdulilah selain bertemu para peserta PKW juga orang tua para peserta yang memberikan dukungan bagi anak-anaknya berwirausaha," kata Pimpinan LKP Cakrawala Komputer, Norlaila Yuliyanti, di Barabai, Kamis (29/9).
 
Penyerahan alat dan bahan usaha kelompok rintisan usaha PKW 2022. (Antara/Fathur)


Baca juga: LKP Cakrawala Komputer gelar pelatihan desain grafis

Dijelaskan dia, materi pelatihan secara teori dan praktik memang telah dirampungkan, dan direncanakan penutupan program ini akan dilakukan dengan menghadirkan pihak Dinas Pendidikan HST, sebagai pembina bantuan program dari Kemendikbud Ristek RI tersebut.

Untuk penyerahan alat dan bahan usaha pertama dilakukan di Kelompok Rintisan Usaha "Borneo Net" di Kecamatan Barabai, dilanjutkan ke kelompok "Delta Design", di Desa Kias, Kecamatan Batang Alai Selatan (BAS).

Perjalanan tim dari LKP Cakrawala Komputer kemudian menuju Kelompok "Rahmat Jaya" di Ilung, Kecamatan Batang Alai Utara, dan terakhir di kelompok "Berkah Desain" di Haliau, Kecamatan Batu Benawa.
 
Penyerahan alat dan bahan usaha kelompok rintisan usaha PKW 2022. (Antara/Fathur)


Baca juga: PKW 2021 : Merajut asa menggapai mimpi songsong Kalsel gerbang IKN

"Alat yang kita serahkan berupa perangkat komputer multi media lengkap dengan sarana pendukung dan bahan usaha yang diperlukan, diharapkan bermanfaat menunjang usaha dan membuat produk desain mereka," katanya.

Peserta PKW 2022, M Ramadani, mengatakan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan dilatih dan dibina kepada tim pengelola dan instruktur dalam program PKW yang merupakan bantuan program dari Kemendikbud Ristek RI.

Ditambahkan dia, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari pelatihan ini tentunya akan sangat bermanfaat dalam mengembangkan wirausaha, serta memiliki keterampilan menjadi nilai tambah keahlian, baik secara pribadi dan kelompoknya.

Baca juga: Tiga kelompok rintisan usaha PKW HST 2021 kembangkan jasa desain grafis
 
Penyerahan alat dan bahan usaha kelompok rintisan usaha PKW 2022. (Antara/Fathur)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022