Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Cakrawala Komputer, Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melaksanakan penutupan Program Kecakapan Wirausaha (PKW) tahun 2021, setelah dilakukan pembelajaran praktek dan teori selama 200 jam, di ruang belajar LKP setempat.

Pimpinan LKP Cakrawala Komputer, Norlaila Yuliyanti di Barabai, mengucapkan terima kasih atas bantuan dan dukungan semua pihak sehingga pelaksanaan PKW dapat berjalan lancar, dan diakhir telah dilaksanakan pendampingan untuk tiga kelompok rintisan usaha peserta didik dengan pengembangan jasa desain grafis.

"Penutupan dilaksanakan secara sederhana menerapkan protokol kesehatan, memang sangat berbeda di banding-banding tahun lalu, sebelumnya adanya pandemi COVID-19, diharapkan tidak mengurangi makna dan semangat membangun jiwa wirausaha sebagaimana diamanahkan dalam program ini," katanya, Selasa (19/10) kemarin.

Dijelaskan dia, agar para peserta didik yang telah menyelesaikan pembelajaran dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang didapat, dan tentunya tidak berhenti untuk belajar dan berkreatifitas karena pengembangan diri dan kelompok diperlukan supaya produk atau jasa yang dihasilkan lebih variatif.
 
Penyerahan cinderamata untuk Kepala Dinas Pendidikan HST 
dari karya PKW 2021 LKP Cakrawala Komputer (Antara/Fathur)


Pihaknya juga tidak lupa mengucapkan terima kasih untuk Dinas Pendidikan Kabupaten HST yang memberikan arahan dan bimbingan untuk pelaksanaan program, serta juga dukungan dari Industri dan Dunia Kerja (IDUKA) dalam fasilitasi pendampingan rintisan usaha, termasuk permodalan.

Ia mengingatkan tidak ada yang instant dalam proses mencapai keberhasilan atau kesuksesan usaha, karena kuncinya ada ikhtiar dan do'a, disiplin dan ketekunan diperlukan dalam setiap jenis pekerjaan. Kemampuan usaha merintis dari bawah dan bisa berhasil akan membanggakan, dan usahanya jenis kuat dan bisa berkesinambungan ketimbang yang muncul tiba-tiba atau instan.

"Kami dulu mengembangkan kursus ini dari satu buah komputer, itu pun merupakan hadiah dari pemilik kursus tempat kami dulu bekerja, lalu dengan sebuah komputer tersebut kami memulai usaha jasa pengetikan secara tekun dengan waktu cukup lama, dan berproses hingga hari ini bisa memiliki sarana dan prasarana kursus sendiri, Alhamdulillah," katanya.

Kasi Pendidikan Masyarakat (Dikmas), Dinas Pendidikan HST, Andry Rachmat Hidayat, mengatakan mengapresiasi pelaksanaan bantuan program PKW Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI di LKP Cakrawala Komputer, di mana diketahui lembaga ini telah melaksanakan pelatihan bantuan program sejak tahun 2011 hingga sekarang.
 
Penutupan PKW bidang keahlian desain grafis, tahun 2021 LKP Cakrawala Komputer (Antara/Fathur)


Menurut dia, hal penting dalam pelaksanaan program ini tentunya adalah bagaimana lulusan program bisa menerapkan hasil pelatihan tersebut, baik untuk bekerja maupun berwirausaha, dan kehadiran program PKW di daerah dengan anggaran pusat, juga sangat membantu pemerintah daerah di tengah terjadinya keterbatasan anggaran yang ada di daerah.

LKP di Kabupaten HST mampu mengakses bantuan dari kementerian, yang kemudian manfaatnya bisa dirasakan dengan membuka kesempatan baik putra putri di daerah untuk mendapatkan pelatihan di ragam keterampilan, apalagi dalam program PKW ada bantuan alat dan bahan usaha untuk masing-masing rintisan usaha.

"Kami juga mengucapkan terima kasih bagi para pengelola LKP di HST, dan kita siap bersinergi untuk pelaksanaan program-program di masa mendatang, dan mengucapkan syukur dan do'a, kami mewakili Kepala Dinas Pendidikan HST menutup pelaksanaan PKW tahun 2021 di LKP Cakrawala Komputer," katanya.

Penutupan ini dirangkai dengan penyerahan hasil karya vektor dari karya desain  PKW 2021 untuk Kepala Dinas Pendidikan diterima Kasi Dikmas, penyerahan bagi tiga peserta didik terbaik dan sertifikat pelatihan tanda selesaianya mengikuti program serta dijanjutkan dengan foto bersama.
 
Penyerahan simbolis bingkisan peserta didik terbaik (Antara/Fathur)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021