Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Cakrawala Komputer, Barabai, Hulu Sungai Tengah (HST) menggelar pembukaan Program Kecakapan Wirausaha (PKW) tahun 2022, dengan bidang keahlian desain grafis di ruang belajar kursus setempat.

PKW merupakan bantuan program dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan (Kemendikbud), Riset dan Teknologi Republik Indonesia, dengan alokasi peserta pelatihan di LKP Cakrawala Komputer sebanyak 20 orang siswa.

"Ini merupakan kegiatan yang kesekian kali dilaksanakan di lembaga ini, Alhamdulillah kalian yang hadir di sini dan menjadi peserta merupakan orang-orang pilihan," kata Kepala Bidang (Kabid) Bina PAUD dan Dikmas, Dinas Pendidikan HST, Hj Meldawati, Selasa (9/8).

Dijelaskan dia, agar para peserta bisa menimba ilmu dan mengasah keterampilan sesuai bidang keahlian yang diajarkan, dan berlatih semaksimal mungkin baik secara teori maupun praktik.
 
Kepala Bidang (Kabid) Bina PAUD dan Dikmas, Dinas Pendidikan HST, Hj Meldawati berikan sambutan
membuka PKW. (Antara/Fathur)


Baca juga: LKP Cakrawala Komputer sosialisasikan PKW 2022

Ilmu dan keterampilan yang didapat  akan bermanfaat di kemudian hari, termasuk agar bisa berwirausaha atau menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.

Dalam pembelajaran para peserta supaya tidak sungkan untuk bertanya apabila menemukan masalah atau ada yang tidak dimengerti, bertanya kepada para instruktur atau para pengajar, serta menjalin kebersamaan selama belajar dengan para peserta lainnya.

"Tidak ada siswa yang bodoh, yang ada siswa rajin dan malas. Bila rajin maka pangkal pandai, manfaatkan waktu tiga bulan kesempatan belajar ini dengan saling memberi dan menerima," katanya.

Selain itu, diharapkan agar para peserta jangan pasif menangkap peluang, setelah ikut program dan dapat sertifikat tidak diam saja, tapi buat lapangan kerja sendiri, apalagi banyak peluang usaha yang dapat dikembangkan.
 
Pimpinan LKP Cakrawala Komputer, Norlaila Yuliyanti serahkan baju seragam dan tas serta ATK peserta. (Antara/Fathur)


Baca juga: Jasa desain grafis buka peluang usaha bagi generasi muda

Pimpinan LKP Cakrawala Komputer, Norlaila Yuliyanti, mengatakan pembelajaran PKW tahun 2022 memang telah dilaksanakan dari tanggal 11 Juli 2022, pembukaan menjadi salah satu sarana sosialisasi dan koordinasi dengan pihak terkait yang pihaknya laksanakan.

"Kami berterima kasih atas kepercayaan Kemendikbud Riset dan Teknologi di mana tahun ini kembali dipercayaan melaksanakan bantuan program, disamping juga berterima kasih juga atas pembinaan dari dinas terkait, dalam hal ini melalui Dinas Pendidikan HST," katanya.

Ditambahkan dia, untuk tahun ini durasi pembelajaran 200 jam selama 50 hari, terdiri dari materi pembelajaran teori dan praktek keterampilan vokasi, kewirausahaan dan manajemen usaha, serta materi tambahan untuk menunjang keterampilan para peserta.
 
Foto bersama pembukaan PKW tahun 2022 LKP Cakrawala Komputer. (Antara/Fathur)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022