Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) Tanah Bumbu memberikan pelatihan penanggulangan keadaan darurat kepada karyawan PT Sucopindo (Persero) Batulicin.


"Kami juga menggandeng Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Batulicin sebagai pemateri," kata Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Tanah Bumbu Anwar Salujang melalui Kasi Pencegahan Damkar Gusti Sandy R, di Batulicin Kamis.

Ia mengatakan, pelatihan digelar selama 21-22 September 2022 dan diikuti seluruh karyawan PT Sucopindo (Persero) Batulicin.

Pelatihan yang dilaksanakan ini atas permintaan PT Sucopindo Batulicin dan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi pada Bidang Damkar yakni memberikan pelatihan penanggulangan keadaan darurat untuk masyarakat maupun dunia usaha.

Beberapa materi yang diberikan, seperti penanganan penyelamatan pada ketinggian (vertical rescue) untuk gedung bertingkat, serta pencegahan dan penanggulangan kebakaran sesuai Perda Tanbu Nomor 3 tahun 2019 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran.

"Selain materi penanggulangan keadaan darurat, juga digelar simulasi tanggap keadaan darurat," sebutnya.

Diharapkan dengan pelatihan tersebut mencegah terjadinya kebakaran sedini mungkin sehingga dapat menekan kerugian atau dampak yang ditimbulkan dari kejadian bencana yang dialami masyarakat maupun instansi tersebut.
 

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022