Bupati Tanah Laut HM Sukamta mengajak seluruh masyarakat Tanah Laut untuk taat terhadap pembayaran pajak. 

"Saya mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tanah Laut untuk menumbuhkan kesadaran dalam membayar pajak. Saya sudah minta seluruh ASN dan PTT bayar pajak sebagai contoh di masyarakat," ujar Sukamta, pada acara pencanangan panutan pembayaran Pajak Bumi Bangunan Perkotaan dan Perdesaan (PBB-P2) sekaligus optimalisasi penerimaan PBB Perkebunan, Perhutanan, Pertambangan dan Sektor lainnya (P5L) tahun 2022 Kabupaten Tanah Laut, di Gedung Sarantang Saruntung Pelaihari,  Senin (5/9/2022).

Pajak daerah dapat direalisasikan dan bertumbuh signifikan, sebut dia, untuk mendukung keberlangsungan pembangunan di Bumi Tuntung Pandang.

Bupati juga mengimbau kepada perusahaan wajib pajak PBB P5L di wilayah Tanah Laut untuk menunaikan kewajibannya.

"Kepada pengusaha tolong bayarkan pajak sesuai dengan kewajiban, hal ini akan membantu membangun daerah, sehingga pembangunan dapat lebih maksimal," pinta bupati.

Sementara itu, Kepala Bidang Data dan Pengawasan Potensi Perpajakan Kanwil Direktorat Jendral Pajak Kalimantan Selatan dan Tengah Sudarmawan Haris Hartadi mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Tanah Laut telah bersama-sama menggelar kegiatan pencanangan dan optimalisasi PBB di wilayah kerja KPP Pratama Banjarbaru.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada bupati dan jajaran atas terselenggaranya kegiatan ini. Semoga para wajib pajak bisa termotivasi membayar PBB segera mungkin," ujarnya.

Pada kesempatan ini bupati juga melaunching atau meluncurkan aplikasi Aparat Taat Pajak (AJAK) yang dikelola Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Tanah Laut. 

Selain itu, bupati juga menyerahkan penghargaan kepada wajib pajak PBB P5L 2022 kategori pembayaran terbesar dan pemenuhan pembayaran tercepat. 

Penghargaan kategori pembayaran terbesar 2021 diterima oleh PT Gawi Makmur Kalimantan, PT Wahana Baratama Mining dan PT Akbar Mitra Jaya. 

Sedangkan penghargaan kategori pemenuhan pembayaran tercepat 2022 diterima PT Akbar Mitra Jaya, PT Amanah Anugerah Adi Mulia dan PT. Kintab Bukit Mulia.

Sebelumnya bupati mengeluarkan Instruksi Bupati Tanah Laut Nomor 11/2022 tentang Pembayaran PBB P2 terhadap seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) lingkup Pemerintah Kabupaten Tanah Laut.

Turut hadir di acara tersebut kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Tanah Laut, kepala KP2KP Pelaihari dan perwakilan perusahaan swasta di wilayah Tanah Laut.

 

Pewarta: Arianto

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022