Kodim 1001/HSU-BLG siap untuk menyukseskan sistem pengamanan kota (Sispamkota) dalam rangka persiapan pengamanan Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Balangan agar terciptanya situasi aman dan kondusif.

"Tentunya lebih baik kita antisipasi dari awal, dan kami siap akan selalu mendukung dan terus berkoordinasi dengan Polres Balangan untuk mendeteksi dini maupun cegah dini sehingga selalu tercipta situasi aman dan kondusif," kata Dandim 1001/HSU-Balangan Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja usai mengikuti kegiatan simulasi Sispamkota di Paringin, Minggu.

Selain itu, pihaknya juga mengapresiasi kegiatan simulasi sistem pengamanan kota yang telah dilaksanakan oleh Polres Balangan, yang mana telah mempersiapkan antisipasi pada Pemilu tahun 2024 mendatang.

Sementara Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin, menjelaskan pihaknya melaksanakan simulasi Sispamkota untuk menunjukkan kesiapsiagaan bagi personel Polri dalam rangka menghadapi kejadian yang tidak terduga saat nanti dilaksanakannya Pemilu pada tahun 2024.

Menurut dia, kegiatan tersebut merupakan simulasi yang kelihatannya nampak nyata, sehingga masing-masing stakeholder merasakan sendiri pada saat nantinya apabila hal tak terduga tersebut terjadi.

"Mudah-mudahan tidak terjadi, tapi kita harus menyiapkan hal yang terburuk untuk menghadapi segala sesuatunya nanti," tuturnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan Sispamkota juga melibatkan unsur TNI khususnya dari Kodim 1001/HSU-Balangan, Satpol PP, Linmas, Dinas Perhubungan, KPU dan Bawaslu.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022