BIN Daerah Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Kemenag HSS melakukan vaksinasi massal di Pondok Pesantren (Ponpes) Minhajul Abidin, Desa Telaga Bidadari, Kecamatan Sungai Raya.

Kepala BIN Daerah Kalsel, Brigjen Pol Heri Armanto melalui Koordinator Wilayah Kabupaten HSS, Hartono, di Telaga Bidadari, Selasa (5/7), mengatakan vaksinasi massal ini selain untuk meningkatkan imunitas masyarakat dan membentuk kekebalan komunal di wilayah Provinsi Kalsel, juga sebagai upaya mengubah pandemi menjadi endemi serta mencegah varian yang baru COVID-19.

"Kali ini sasaran vaksinasi kita untuk 200 santri di Pondok Pesantren (Ponpes) Minhajul Abidin, di Desa Telaga Bidadari, Kecamatan Sungai Raya," katanya.

Dijelaskan dia, BIN Daerah Kalsel terus menggencarkan vaksinasi COVID-19, baik secara terpusat maupun dengan mendatangi daerah terpencil, terjauh, terluar dan terdalam, untuk meningkatkan kekebalan komunal di masyarakat agar dapat terhindar dari bahaya COVID-19 yang masih ada.
 
Vaksinasi massal oleh BIN Daerah Kalsel di Ponpes Minhajul Abidin, Telaga Bidadari, Sungai Raya. (Antara/Fathur)


Baca juga: Vaksinasi massal BIN Kalsel sasar ratusan orang di STAI Darul Ulum Kandangan

Kekebalan komunal untuk memberikan perlindungan bagi orang-orang yang rentan, seperti anak di bawah enam tahun, orang tua, serta orang dengan gangguan sistem imun yang sulit mendapatkan vaksinasi.

Pihaknya terus berupaya mengejar terbentuknya kekebalan komunal sebagai solusi untuk mengendalikan penularan penyakit ini, karena masih ada beberapa orang yang memang belum bisa divaksin.

"Seperti anak usia di bawah enam tahun, orang tua dengan penyakit bawaan serta orang-orang yang memiliki gangguan sistem imun. Inilah yang kita lindungi dengan kekebalan komunal,” katanya.

BIN berkomitmen mengatasi pandemi COVID-19 dengan gencar melaksanakan vaksinasi warga, juga mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Sampai bulan Juni, BIN Kalsel telah melaksanakan vaksinasi COVID-19 baik untuk dosis pertama, kedua, maupun tiga atau booster dengan capaian sebanyak 736.458 orang.

Kepala Kemenag HSS, Muhammad Yamani, mengatakan vaksinasi dosis pertama, kedua, maupun tiga atau booster yang dilakukan bekerja sama dengan BIN Daerah Kalsel.
 
Vaksinasi massal BIN Daerah Kalsel di Ponpes Minhajul Abidin, Telaga Bidadari, Sungai Raya. (Antara/Fathur)


Baca juga: Vaksinasi massal BIN Kalsel kolaborasi pasar murah Disdag di HSS

"Untuk meningkatkan imunitas dan membentuk kekebalan komunal upaya merubah pandemi menjadi endemi, vaksinasi akan terus dilakukan ke sekolah dan Ponpes di bawah naungan Kemenag HSS, sehingga semua pelajar dan santri di HSS bervaksin lengkap,” katanya.

Pimpinan Ponpes Minhajul Abidin, Ustad Muhammad Yuseran, mengatakan para santri yang mengikuti vaksinasi dosis pertama, kedua dan booster ada sekitar 162 orang.

“Vaksinasi di Ponpes Minhajul Abidin sudah tiga kali dilakukan. Dari total 657 orang santri dan sudah separuh sudah melakukan vaksinasi booster,” katanya.

Ditambahkan dia, Ponpes Minhajul Abidin menganjurkan semua para santrinya melakukan vaksinasi untuk mencegah Covid-19, tapi dengan tetap dengan persetujuan para orang tua santri.

Baca juga: Video-Pemkab HSS berikan apresiasi BIN Kalsel dukung percepatan vaksinasi
 
Keterangan Pers dari Pimpinan Ponpes Minhajul Abidin, Ustad Muhammad Yuseran (kiri), Kepala Kemenag HSS, H M Yamani (tengah)
dan Koordinator Wilayah BIN Kabupaten HSS, Hartono (kanan). (Antara/Fathur)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022