Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) Kabupaten Tanah Bumbu, mempersiapkan diri untuk mewujudkan pelayanan perpustakaan standar Nasional.

"Untuk mewujudkan itu, kini Dispersip Tanah Bumbu menerima bimbingan dari Dispersip Provinsi Kalimantan Selatan," kata Kepala Bidang Pengembangan Pelayanan dan Kegemaran Membaca Dispersip Tanah Bumbu Tri Wahyudi di Batulicin Senin.

Ia menjelaskan, ada enam komponen yang wajib dipenuhi untuk memenuhi pelayanan perpustakaan standar nasional.

Diantaranya adalah dengan melengkapi koleksi atau jumlah judul dan buku, sarana dan prasarana, pelayanan atau SDM yang berkaitan dengan pengelola seperti jumlah dan kompetensi pustakawan yang dimiliki, penyelenggaraan dan penguat seperti inovasi perpustakaan.

Menurutnya, pengelolaan perpustakaan yang baik tentu akan berdampak pada pelayanan terhadap masyarakat dan pelajar, agar orang yang datang untuk membaca ke perpustakaan merasa nyaman.

Targetnya, tahun depan perpustakaan di Tanah Bumbu bisa mendapat akreditasi sebagai perpustakaan berstandar nasional.

"Saat ini, jumlah perpustakaan di Tanah Bumbu cukup banyak dengan minat baca yang tinggi, sekitar 212 perpustakaan di Tanah Bumbu yang terdiri dari 68 perpustakaan umum dan 12 perpustakaan khusus," ujarnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022