Wakil Menteri Agama RI Dr H Zainut Tauhid Sa'adi membuka peluncuran Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-29 tahun 2022 di Provinsi Kalimantan Selatan di Gedung Mahligai Pancasila Banjarmasin, Kamis. 

Turut hadir Gubernur Kalsel Dr (HC) H Sahbirin Noor, Sekretaris LPTQ Nasional Syamsul Bahri dan Kepala Kanwil Kemenag Kalsel Dr H Muhammad Tambrin beserta unsur pimpinan daerah provinsi Kalsel.

Hadir pula seluruh perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi se-Indonesia dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an (LPTQ) se-Indonesia.

MTQ ke-29 di Kalsel ditetapkan pada 10-19 Oktober 2022 bertempat di Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, dan Kabupaten Banjar.

Wamenag meyakini MTQ nasional di Kalsel akan sukses dengan segudang pengalaman provinsi ini melaksanakan event bertaraf nasional.

Termasuk, ujar dia, pernah menyelenggarakan MTQ Nasional pada tahun 1977 dan yang terbaru tuan rumah Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Nasional 2011.

"Tidak hanya sukses, tapi sangat sukses," ujar Wamaneg.

Menurut dia, Kalsel merupakan provinsi yang sangat religius, provinsi yang memiliki keindahan alam, ramah masyarakatnya, hingga semua peserta MTQ nasional akan senang berkunjung ke sini.

"Sebab ribuan peserta dari seluruh provinsi akan hadir," ujarnya.

Berita terkait: 34 Provinsi ikuti pameran MTQN di Kalsel


Dia pun mengapresiasi tekad pemimpin daerah di Kalsel, khususnya Gubernur Kalsel yang memastikan kesuksesan MTQ nasional ke-29 tahun 2022.

Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor menyampaikan bahwa daerahnya sudah sangat siap menyelenggarakan MTQ Nasional ke-29.

Gubernur pun menyampaikan, tempat perhelatan perlombaan di tiga daerah juga sudah ditentukan dengan standar nasional.

Termasuk juga untuk tempat diselenggarakannya MTQ Nasional Kalsel Expo 2022.

"Dengan diluncurkannya MTQ nasional ini, kita mulai sungguh-sungguh mempersiapkannya," ujar Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel.

Berita terkait: Perjalanan wisata peserta MTQ Nasional di Kalsel
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022