Warga Kampung Sungai Gampa, Kelurahan Sungai Jingah, Kecamatan Banjarmasin Utara, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan kini bisa menikmati jalan mulus hasil TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-114 tahun 2022 yang hari ini resmi berakhir.

"Alhamdulilah warga kami sangat menikmati adanya jalan baru ini karena mempermudah mobilitas yang tadinya hanya mengandalkan jalur sungai," kata Ketua RT 22 Kampung Sungai Gampa Mulyadi di Banjarmasin, Rabu.

Selain mendukung petani membawa hasil pertanian, kata dia, anak-anak sekolah kini juga tidak perlu lagi naik perahu menuju sekolahnya.

Diketahui siswa dari Sungai Gampa untuk menuju SDN Benua Anyar 9 selama ini harus menggunakan perahu ke sekolah karena ketiadaan akses jalan darat yang memadai.

Namun sekarang berkat pembangunan fisik jalan dan jembatan program TMMD oleh Kodim 1007/Banjarmasin maka jalan darat sudah bisa dilintasi sehingga memudahkan anak-anak sekolah.

Komandan Kodim 1007/Banjarmasin Letkol Inf Ilham Yunus mengaku turut bahagia dan bersyukur hasil TMMD bisa langsung dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Diketahui sasaran fisik TMMD di kampung pesisir sungai itu mengerjakan pembukaan jalan sepanjang 745 meter, pengerasan jalan atau betonisasi sepanjang 767 meter termasuk juga pembuatan 5 jembatan dan pemasangan 5 gorong-gorong serta sasaran tambahan berupa merenovasi 3 unit rumah tidak layak huni (RTLH) dan 1 musholla.

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina mengatakan 
jalan baru yang terbentang sepanjang 1,2 kilometer di Sungai Gampa memang dibutuhkan oleh masyarakat dengan sekitar 115 kepala keluarga (KK) yang terdampak.

"Alhamdulillah TMMD ke-114 di Banjarmasin tahun anggaran 2022 berjalan lancar dan laporannya 100 persen mencapai target dalam 30 hari pelaksanaannya," ucap dia.

Pewarta: Firman

Editor : Nurul Aulia Badar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022