Khatib ustadz H Muhammad Rozin mengatakan, iman dan taqwa kepada Allah SWT kunci sukses di dunia serta alam akhirat kelak.

"Okeh karena itu, marilah kita tingkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT," ajaknya dalam khutbah di Masjid Assa'adah Komplek Beruntung Jaya Banjarmasin sebelum shalat Jumat (5/8/22).

Pada kesempatan itu, ustadz muda tersebut mengungkap keutamaan bulan Muharram yang bukan saja menandai awal Tahun Hijriah atau Tahun Baru Islam, tapi banyak mengandung makna untuk pembelajaran bagi kaum Muslim khususnya.

Ia menerangkan, dalam bulan Muharram yang merupakan bulannya Allah SWT bagi seseorang yang melakukan maksiat mendapat balasan dahsyat.

Begitu pula sebaliknya, seseorang yang melakukan kebaikan akan banyak dibandingkan dengan bulan-bulan lain yang bukan bulan haram.

Dengan mengutip hadits Rasulullah Muhammad Saw serta pendapat ulama terdahulu, pada kesempatan itu pula khatib menganjurkan kaum Muslim, terutama jemaah shalat Jumat Masjid Assa'adah melakukan puasa Asyura.

"Sesuai Sunnah Rasulullah Saw puasa Asyura pada sembilan dan sepuluh Muharram, tidak seperti kaum Yahudi hanya pada Hari Asyura/10 Muharram sebagai tanda syukur mereka atas keselamatan Nabi Musa dari kejaran tentara Fir'aun," lanjutnya.

Selain itu, perbanyak bersedekah serta menyantuni pakir miskin dan anak-anak yatim piatu, serta amal ibadah lainnya, demikian M Rozin 

 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022