Warga binaan pemasyarakatan (WBP) ikut meriahkan Pekan Olahraga dan Seni (Poseni) digelar Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) Kalimantan Selatan, di Lapas Kelas II B Banjarbaru, Kamis (4/8/2022). 

Kakanwil Kemenkumham Kalsel Lilik Sujandi menjelaskan lebih dari 100 WBP yang terlibat dalam kegiatan itu adalah rangkaian untuk memperingati Hari Dharma Karya Dhika ke-77 dan menyambut Hari Kemerdekaan RI ke-77. 

"Untuk mendapatkan pembinaan mental, fisik dan juga pendidikan yang semestinya. Terutama pendidikan budaya dan olahraga,” ujarnya di Banjarbaru.

Mulai dari pertandingan sepakbola, voli, tenis meja, memanah hingga permainan tradisional seperti bakayak dan balogo turut dilombakan hari ini.  

Kakanwil mengakui, dengan kesempatan berolahraga ini, akan ada perluasan kesempatan para warga binaan, dengan kegiatan bersama dengan masyarakat olahraga dan asimilasi.

“Ini membuktikan bahwa pembinaan budi pekerti dan mental, bisa mencetak olahragawan di Lembaga Pemasyarakatan (LP). Selain itu juga menjaga kekompakan, keharmonisan dan keberlanjutan pembinaan olahraga prestasi,” katanya. 

Kalapas Banjarbaru Amico Balalembang menambahkan, Porseni ini pihaknya melibatkan seluruh warga binaan yang memiliki bakat olahraga dan seni.

“Sesuai arahan Kakanwil, para pemenang yang merupakan bibit olahragawan di Lapas Banjarbaru, nantinya akan dijadikan satu tim, untuk bertanding dengan pihak luar,” jelasnya
 

Pewarta: Muhammad Fauzi Fadilah

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022