Dandim 1001/HSU-BLG Letkol Inf Dhuwi Hendradjaja menyarankan kepada para anggota Pemuda Panca Marga (PPM) di Kabupaten Balangan untuk menggelorakan produk lokal dari para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM).

"Kami sangat berharap kepada para PPM ini selain sebagai penerus perjuangan, juga dapat memberikan kontribusi positif di tengah masyarakat, yaitu dengan menggelorakan UMKM," kata Dhuwi usai menghadiri pelantikan PPM di Paringin, Rabu.

Dia melanjutkan, para PPM harus dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat Kabupaten Balangan melalui UMKM mereka.

Selain itu, ucapnya, PPM juga bisa bersinergi dengan TNI/Polri dan BPBD setempat untuk membantu unit rescue terkait dengan antisipasi manakala terjadi karhuta dan bencana alam lainnya.
 
Sementara Ketua Markas Cabang PPM Kabupaten Balangan Saiful Arif mengungkapkan dalam misinya pertama adalah mendata seluruh anggota PPM serta veteran dengan menyeluruh di wilayah Kabupaten Balangan.

Bukan hanya data diri, lanjut dia, juga terkait kondisi ekonominya serta pendidikannya, baik yang sudah meninggal atau yang masih hidup, dengan tujuan untuk memetakan bidang apa yang bisa dibantu apakah pada bidang ekonomi maupun sosial.

"Kami juga akan membuka Lembaga Bantuan Hukum (LBH), yang fungsinya melayani dan melindungi atau sebagai tempat konsultasi bagi masyarakat Balangan dan anggota warga PPM serta veteran untuk pendampingan hukum," ungkapnya.

Baca juga: Bupati: UMKM harus naik kelas secara mindset dan omset

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022