Kloter terakhir atau Kloter 7 Embarkasi Banjarmasin, Kalimantan Selatan telah tiba di Bandara Internasional Syamsuddin Banjarmasin, Selasa pada pukul 11.23 WITA.

Kloter 7 Embarkasi Banjarmasin sebanyak 358 jamaah haji, yakni, dari Kota Banjarmasin sebanyak 168 orang, Kabupaten Banjar sebanyak 148 orang, Kabupaten Tanah Bumbu dua orang dan dari Kota Palangkaraya, Kalimantan Tengah sebanyak 34 orang.

"Tambah empat petugas Kloter dan dua petugas haji daerah," ujar Kepala Kantor Wilayah Kemenag Kalimantan Selatan Dr H Muhammad Tambrin, di Asrama Haji Embarkasi Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Selasa.

Dengan datangnya Kloter 7 ini, ucap dia, maka proses pemulangan haji untuk Embarkasi Banjarmasin sudah selesai.

Menurut dia, jumlah jamaah haji Embarkasi Banjarmasin yang sudah tiba di tanah air atau pulang ke kampung halaman sebanyak 2.506 orang dari jumlah jamaah haji yang diberangkatkan sebanyak 2.510 orang.

Karena, kata Tambrin, pada proses haji tahun 2022 atau 1443 hijriah ini sebanyak 3 orang jamaah haji Embarkasi Banjarmasin meninggal dunia.

"Satu orang lagi sisanya belum bisa dipulangkan karana masih dirawat di RS King Abdul Aziz, Arab Saudi atas nama Apani Kasim Rasidi," ujarnya.

Adapun tiga jamaah haji yang wafat adalah Samsinah binti Usman Hasbulah usia 50 tahun dari Kloter 1 asal Balangan saat dalam penerbangan ke Madinah.

Kemudian Sugiansyah Basuki M. Yamin berusia 50 tahun dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) pada Kloter 3 Embarkasi Banjarmasin wafat di Madinah.

Terakhir Mislina Muhammad Saberani pada usia 44 tahun berasal dari Kabupaten Tapin dari Kloter 3 di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Makkah saat fase Armuzna.

Menurut dia, secara keseluruhan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022 ini berjalan lancar hingga kepulangan ini.

"Moga semua mendapat haji yang mabrur, selalu sehat, bagi jamaah haji kita yang masih dirawat di Arab Saudi moga secepatnya sembuh hingga kembali berkumpul dengan keluarga," tuturnya.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022