Tanjung, (AntaranewsKalsel) - Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan mendapatkan bantuan modal bagi Kelompok Usaha Bersama (KUBE) di pedesaan dari pemerintah pusat guna meningkatkan pendapatan masyarakat lokal.


Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial dan Tenaga Kerja, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kabupaten Tabalong Muhammad Saleh di Tanjung, Minggu mengatakan bantuan yang bersumber dari APBN 2016 diperuntukkan bagi 30 KUBE yang ada di pedesaan.

"Masing-masing kelompok usaha bersama nantinya mendapatkan bantuan modal sebesar Rp20 juta per kelompok sehingga usaha yang dijalankan bisa lancar dan berdampak pada peningkatan pendapatan," jelas Saleh.

Sebelumnya, bantuan modal bagi kelompok usaha bersama hanya diprioritaskan bagi wilayah yang menjadi sasaran program Komunitas Adat Terpencil (KAT) yakni Kecamatan Bintang Ara dan Muara Uya namun tahun ini bantuan diberikan bagi kecamatan lain.

Tahun ini, Dinas Sosial dan Tenaga Kerja setempat juga melaksanakan program bedah rumah untuk membantu warga miskin memiliki tempat tinggal yang layak.

"Untuk program bedah rumah melalui APBD kabupaten 2016 diperuntukkan bagi 12 rumah warga miskin dan kondisi rumahnya jauh dari layak dengan alokasi bantuan Rp25 juta per rumah," kata Saleh.

Data di Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Tabalong menyebutkan jumlah warga miskin mencapai 9.981 orang dengan kategori sangat miskin sebanyak 3.277 orang dan hampir miskin 3.648 orang karena itu program sosial yang diberikan diharapkan bisa meringankan beban hidup termasuk untuk mencukupi kebutuhan hidup.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016