Badan Intelijen Negara Daerah (BINDA) Kalimantan Selatan (Kalsel) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) kembali menggelar vaksinasi booster bagi ratusan pelajar, di sembilan SMA di HSS.

Kepala BIN Daerah Kalsel, Brigjen Pol Heri Armanto melalui Koordinator Wilayah Kabupaten HSS Hartono bersama Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemkab HSS, Kamidi dan para kepala sekolah (Kepsek) melakukan peninjauan pelaksanaan.

"Pemkab setiap hari terus bergerak melakukan percepatan vaksinasi, mulai dosis pertama, kedua sampai ketiga atau booster, dari target sasaran 179.527 orang," kata Kamidi, di di SMAN 2 Kandangan, Jalan Gambah Dalam, Kecamatan Kandangan, Jumat (29/7)

Dijelaskan dia, bersyukur di Kabupaten HSS untuk dosis pertama sudah 96 persen, dosis kedua 76 persen dan dosis ketiga atau booster 20 persen.

Pemkab HSS juga mengapresiasi BIN Kalsel yang terus mendukung percepatan vaksinasi, baik memberikan ketersediaan stok vaksinasi sampai ikut terlibat langsung dalam prosesnya, diharapkan sinergitas ini dapat terus ditingkatkan.
 
Peninjauan vaksinasi COVID-19 di SMAN 2 Kandangan sinergi BINDA Kalsel dan Pemkab HSS. (Antara/Fathur)


Baca juga: BIN Kalsel sasar warga binaan Rutan Kandangan untuk pemerataan vaksinasi

Setelah ini Pemkab HSS juga terus menjadwalkan pelaksanaan vaksinasi dosis kedua sampai booster, bagi pelajar yang belum mendapatkan vaksinasi.

“Di pelayanan kesehatan terus dilakukan vaksinasi baik booster atau bagi warga yang belum dosis kedua,” katanya.

Meski sudah dilakukan vaksinasi, pihaknya tetap mengimbau semua lapisan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah Covid-19.

Koordinator Wilayah Kabupaten HSS, Hartono, mengatakan peninjauan di SMAN 2 Kandangan untuk memastikan pemberian vaksinasi berjalan dengan aman dan lancar serta tetap menerapkan protokol kesehatan, dengan sasaran sasaran 250 pelajar.

Menurut dia, percepatan vaksinasi booster bagi pelajar SMA yang dipusatkan di SMAN 2 Kandangan ini targetnya tersebar di sembilan sekolah.

Sekolah-sekolah tersebut dari SMAN 1, 2, dan 3 Kandangan, SMAN 1 Angkinang, SMAN 1 Daha Utara, SMAN 1 Simpur, SMAN 1 Daha Barat, SMA Al Baladul Amin, dan SMA Ibnu Mas’ud.
 
Peninjauan vaksinasi COVID-19 di SMAN 2 Kandangan sinergi BINDA Kalsel dan Pemkab HSS. (Antara/Fathur)


Baca juga: Vaksinasi kerjasama BIN, Pemkab dan Kemenag HSS cegah varian baru COVID-19

“Percepatan vaksinasi booster ini upaya terbentuknya kekebalan komunal sebagai solusi untuk mengendalikan penularan penyakit ini," katanya.

Hal ini karena masih ada beberapa orang yang memang belum bisa divaksin, seperti anak usia di bawah enam tahun, orang tua dengan penyakit bawaan serta orang-orang yang memiliki gangguan sistem imun. Inilah yang dilindungi dengan kekebalan komunal.

BIN berkomitmen mengatasi pandemi COVID-19 dengan gencar melaksanakan vaksinasI, warga juga mengimbau masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat serta menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

“BIN berkomitmen mengatasi pandemi ini dengan gencar melaksanakan vaksinasi. Kita juga terus mengimbau masyarakat untuk tetap patuh pada protokol kesehatan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat untuk menjaga diri dari bahaya COVID-19,” katanya.

Kepsek SMAN 2 Kandangan, Sarjana, menambahkan mengatakan dari total pelajar di sekolah dipimpinnya saat ini hampir 90 persen sudah mendapatkan vaksinasi dosis kedua, sedangkan yang sudah mendapatkan booster sekitar seratus lebih.

Baca juga: Vaksinasi massal BIN Kalsel sasar ratusan orang di STAI Darul Ulum Kandangan
 
Peninjauan vaksinasi COVID-19 di SMAN 2 Kandangan sinergi BINDA Kalsel dan Pemkab HSS. (Antara/Fathur)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022