Martapura, (Antaranews Kalsel) - Penjabat Bupati Banjar H Rachmadi Kurdi meresmikan tiga kantor di desa Tungkaran yaitu Bapeluh, Dinas Kehutanan dan Depo Arsip kabupaten setempat yang berlangsung meriah di halaman Gedung Bapeluh Jalan Padang Anyar Desa Tungkaran Kecamatan Martapura Kabupaten Banjar, Rabu.

     
Rilis Humas Pemkab Banjar diterima Antaranews Kalsel, Kamis menyebutkan Peresmian Kantor Bapeluh, Dinas Kehutanan dan Depo Arsip Kabupaten Banjar diawali dengan penanaman pohon oleh Penjabat Bupati Banjar dan Kepala SKPD yang hadir bersama penyuluh.
     
Rachmadi Kurdi dalam sambutannya sangat mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas diresmikannya gedung Kantor Bapeluh, Dinas Kehutanan dan Depo Arsip Kabupaten Banjar. Menurutnya, keberadaan kantor yang baru ini, diharapkan semakin memberi kemudahan dan kenyamanan dalam pelayanan kepada masyarakat dalam bidang pertanian, kehutanan serta arsip daerah.
     
“Pemerintah Kabupaten Banjar akan terus mendukung dan memprogramkan serta meningkatkan kegiatan diberbagai sektor untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Martapura yang Baiman, Bauntung dan Batuah. Pembangunan gedung baru ini merupakan wujud peran serta pemerintah dalam bidang pengaturan dan pelayanan masyarakat serta meningkatkan etos kerja,” ucapnya.
     
Rahcmadi menjelaskan, pembangunan Kantor Bapeluh ini, dianggarkan pada APBD TA 2015, melalui DPA-SKPD Bapeluh dengan dana sekitar 1,45 milyar rupiah dengan luas gedung 19 m x 25 m (2 lantai) pada areal tanah seluas 544 M2, dan lama pekerjaan 6 bulan.
                                                
Untuk pembangunan Kantor Dinas Kehutanan dianggarkan dana pada DPA Dinas Kehutanan sebesar 3,5 Milyar Rupiah yang dibangun pada areal seluas 828 M2 dengan bangunan bertingkat dua lantai berlokasi di Desa Bincau berdekatan dengan kantor BPBD Kabupaten Banjar.
     
Pembangunan Depo Arsip melalui Dinas Perumahan dan Permukiman dianggarkan dana APBD TA 2015 sekitar 2,35 Milyar Rupiah . Depo arsip ini dibangun di Jalan Candra Kirana Desa Bincau, dengan luas areal 35 x 65 m dan luas bangunannya 12 x 30 m berlantai dua. Gedung Depo Arsip berlokasi di belakang Kantor Camat Martapura Kota dan Dinas Sosial Kabupaten Banjar, sedangkan Kantor Dinas Kehutanan lokasinya berdekatan dengan BPBD dan Dishubkominfo Kabupaten Banjar dan Kantor Bapeluh berlokasi di desa Tungkaran.
     
“Saya berharap, keberadaan  Kantor Bapeluh, Dinas kehutanan dan Depo Arsip yang baru ini dengan fasilitas yang lebih baik, dapat meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dalam bidang pertanian, kehutanan dan arsip daerah di Kabupaten Banjar. Mari kita bersama-sama menjaga, merawat dan memanfaatkan fasilitas ini sebaik-baiknya,” ucap Rachmadi.

Usai memberikan sambutan Pj Bupati Banjar juga menyerahkan santunan kepada tujuh penyuluh pertanian PNS purna tugas serta penyerahan mobil operasional BPN.
     
Dalam kesempatan ini Kepala Badan Pelaksana Penyuluhan Eddy Hasby menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada pemerintah daerah dan kepada Pj Bupati Banjar yang setinggi-tingginya atas segala apresiasi dan dukungannya.
     
“Saya mengucapkan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Daerah Kabupaten banjar dan kepada Pj Bupati Banjar Rachmadi Kurdi yang selama ini telah mendukung penyelenggaraan penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan, kecil menanam dewasa menanam (KMDM) serta penyelenggaraan kearsipan yang menjamin terciptanya arsip yang andal, utuh, lengkap dan terpercaya dan dapat dijadikan sebagai bukti kinerja instansi pemerintah,” ucapnya. (pus/hef/f)

Pewarta: Asmuni

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016