Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan membuat program pendampingan dan pelayanan ibu hamil sehat selama 6 bulan dari Juli--Desember 2022.

Program tersebut dilaunching atau diluncurkan oleh Baznas Kota Banjarmasin di Mesjid Agung Miftahul Ikhsan Banjarmasin, Kamis. 

Launching tersebut secara resmi dilakukan Ketua PKK Kota Banjarmasin Dr dr Hj Siti Wasilah atau istri Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina dihadiri sebanyak 50 ibu hamil.

Siti Wasilah pun mengapresiasi program yang dibuat Baznas ini, karena program ini tidak hanya agar ibu hamil selamat dalam melahirkan, tapi juga sehat saat hamil hingga melahirkan bayi yang sehat terhindar dari stunting.

Dalam pemaparannya, Siti Wasilah menyampaikan pentingnya bagi ibu hamil untuk mengetahui penyebab terjadinya anak stunting atau gagal tumbuh, di mana ini bisa disebabkan sejak di dalam kandungan.

Dari itu, kata dia, ibu hamil harus melaksanakan pola hidup sehat, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi.

Dia pun mengharapkan program dari amal zakat, infaq dan shadaqah di Baznas untuk pendampingan dan pelayanan ibu hamil sehat ini terus meningkat, khususnya menyentuh warga yang tidak mampu.

"Moga ini juga memotivasi lembaga lainnya untuk membantu ibu hamil, sebagaimana setiap tahun dilaksanakan Baznas, karena cukup banyak keluarga hamil yang harus dibantu," tutur Siti Wasilah.

Ketua Baznas Kota Banjarmasin Riduan Masykur menyampaikan, program pendampingan dan pelayanan ibu hamil sehat dilaksanakan pihaknya setiap tahun.

"Tahun lalu sebanyak 35 ibu hamil, tahun ini 50 ibu hamil, bisa meningkat terus sesuai penemuan di lapangan," ujarnya.

Ibu hamil yang mendapat bantuan paket makanan bergizi dari Baznas yang usia hamilnya 3--5 bulan setiap 2 kali sebulan selama 6 bulan atau akhir tahun ini, dengan syarat keluarga yang kurang mampu.

"Bahkan biaya bersalin pun kita bantu," tuturnya.

Riduan pun menyampaikan, program ini berkaitan penanganan sejak dini kasus stunting.

"Karena mencegah lebih baik daripada menangani," tuturnya.
Launching program pendampingan dan pelayanan ibu hamil sehat selama 6 bulan dari Juli--Desember 2022 di mesjid Agung Miftahul Ikhsan, Kamis.(Antara/Sukarli)

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022