Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) segera akan melakukan perbaikan fisik bangunan Pasar Induk Amuntai  di 2022 ini.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati HSU H Husairi Abdi  di Amuntai, Jumat mengatakan, tersedia alokasi  anggaran sebesar Rp2 milyar bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2022.

"Insya Allah apa yang perlu kita benahi akan kita lakukan, karena sudah ada anggarannya disiapkan untuk perbaikan pasar ini," ujarnya.

Husairi mengatakan, harapannya nanti setelah dilakukan perbaikan pasar  maka ruang  penataan Pasar Induk Amuntai jauh lebih baik dan nyaman daripada sekarang.
 
Plt Bupati HSU H Husairi Abdi mengamati sebagian plafon Pasar Induk Amuntai yang mengalami kerusakan, Jumat (15/7/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Lingkungan (pasar) yang baik, sejuk, tertib, aman, dan para pedagang maupun pengunjung dihimbau juga agar bisa memelihara kebersihan pasar.

Lebih lanjut, Husairi mengatakan selama perbaikan Pasar Induk Amuntai, khususnya yang berada di lantai dua, para pedagang pasar sementara akan dipindahkan di tempat yang nanti akan disediakan oleh pemerintah daerah.

"Meminta pengertian para pedagang nanti akan dibenahi untuk lebih baik," katanya. 

Diketahui saat ini Pasar Induk Amuntai lantai dua mengalami rusak, seperti plafon yang berlubang mengakibatkan beberapa tempat bocor. 

Sudah cukup lama pedagang mengeluhkan kondisi pasar namun anggaran terbatas membuat pemerintah memprioritaskan pembangunan lain.

Baca juga: Diskominfosandi maksimalkan peran PPID
Baca juga: "Raja Baghdad' memulai wisata susur sungai

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022