Banjarbaru, (AntaranewsKalsel) - Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan berhasil membangun jembatan yang menjadi penghubung antardesa di kabupaten itu.


"Ada lima jembatan penghubung antardesa yang berhasil dibangun dan sudah bisa dimanfaatkan masyarakat," ujar Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air M Hilman di Martapura, Senin.

Ia mengatakan peresmian lima unit jembatan itu sudah dilakukan Penjabat Bupati Banjar Rachmadi Kurdi pada Rabu (3/2) disaksikan ratusan warga dan tokoh masyarakat setempat.

Ia mengatakan lima unit jembatan yang pembangunannya diselesaikan sesuai target yakni jembatan Murung Kenanga yang menghubungkan Desa Tunggul Irang dan sekitarnya.

Kemudian, dua jembatan yakni jembatan Tatah Bangkal dan jembatan Baliangin yang merupakan jembatan baru dibangun sehingga fungsinya sangat dirasakan masyarakat.

Sementara, tiga jembatan lainnya termasuk jembatan Murung Kenanga yakni jembatan Desa Abumbun dan jembatan Abumbun Trans Angkatan Laut merupakan jembatan rehabilitasi.

"Lima jembatan yang telah selesai dibangun menjadi penghubung baik antardesa maupun menuju kecamatan sehingga aksesabilitas orang maupun barang makin lancar," ucapnya.

Menurut dia, jembatan Murung Kenanga menjadi penghubung Murung Pelabuhan dengan Desa Tunggul Irang, jembatan Abumbun penghubung menuju kantor Camat Sungai Tabuk.

Jembatan Abumbun menjadi akses penghubung Desa Abumbun menuju pemukiman Transmigrasi AL, jembatan Tatah Bangkal akses penghubung ke sejumlah desa Kecamatan Aluh-Aluh.

Desa yang terhubung diantaranya Desa Tatah Bangkal dengan Desa Tatah Bangkal Tengah, Aluh-Aluh Kecil, Terapu, Desa Podok, Balimau, Bunipah, dan Desa Aluh-Aluh Besar.

"Jembatan Baliangin menjadi akses penghubung Desa Baliangin ke Desa Batang Banyu dan Desa Mangkauk sehingga akses kedua desa semakin mudah," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016