Ketua Komisi III DPRD Balangan Hafis Ansyari menyebut pentingnya jalan utama Desa Binuang Santang yang menghubungkan pusat Kecamatan Halong untuk segera diperbaiki.

"Percepatan pembangunan jalan di daerah perdesaan merupakan bagian dari program terintegrasi sebagai penunjang pemerataan kemajuan kesejahteraan masyarakat desa," kata Hafis di Paringin, Kamis.

Dia melanjutkan, hal itu sesuai dengan visi-misi kepala daerah yaitu Membangun Desa Menata Kota. Pihaknya berharap agar pemerintah segera menyelesaikan ruas jalan yang masih sulit dilewati terutama wilayah desa yang jauh dari pusat kecamatan.

Menurut Hafis, ruas jalan yang rusak di Desa Mauya menuju Desa Binuang Santang, Kecamatan Halong, tahun sebelumnya telah dianggarkan miliaran rupiah namun tidak maksimal dikerjakan dengan berbagai alasan.

"Mungkin hanya 15 persen dari pagu anggaran, sehingga kita menyayangkan hal tersebut. Serta yang paling dirugikan adalah masyarakat disana sebagai pengguna akses jalan tersebut," ucapnya.

Dia menambahkan, jalan tersebut sangat penting selain menjadi jalan utama menghubungkan desa dengan pusat kecamatan terlebih lagi potensi sektor pertanian seperti jagung pakan, labu dan hasil alam lainnya yang menjadi andalan masyarakat disana.

"Yang kami lihat masyarakat disana terkendala pengangkutannya, maka dari itu kami Komisi III mendorong penganggaran kembali ruas jalan tersebut," tuturnya.

Pihaknya juga akan mengawal agar dapat dianggarkan kembali, bahkan juga ia menyarankan dalam waktu dekat dilakukan pengerasan jalan untuk bisa dilalui mobil untuk mengangkut hasil pertanian.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022