Martapura, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kota Bontang, Kalimantan Timur tertarik melakukan pembelajaran lapangan sekaligus menggali metode pengelolaan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Cahaya Kencana Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan.


Rombongan dipimpin langsung oleh Wali Kota Bontang, Adi Darma disambut hangat oleh Penjabat Bupati Banjar H. Rachmadi Kurdi di Mahligai Sultan Adam Martapura Kabupaten Banjar.

Dalam sambutannya Adi Darma mengaku tertarik untuk mengetahui lebih jauh tentang pengelolaan TPA Cahaya Kencana sehingga meraih Plakat Adipura TPA terbaik tulis Humas Banjar diterima Antaranews Kalsel, Sabtu. 

“Saya sangat tertarik untuk menggali informasi mengenai inovasi-inovasi yang telah dilakukan Kabupaten Banjar dalam pengelohan sampah di TPA Cahaya Kencana”, ungkap Adi Darma.

Keberhasilan Kabupaten Banjar meraih plakat Adipura TPA Terbaik untuk kota kecil se-Indonesia semakin menggaungkan TPA Cahaya Kencana di kancah nasional. TPA Pertama yang memanfaatkan sampah menjadi energi listrik membuat banyak daerah lain melirik dan belajar ke Kabupaten Banjar.


Semantara itu H. Rachmadi Kurdi mengatakan kunjungan Walikota Bontang beserta jajaran merupakan kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Banjar. “Saya sangat mengapresiasi kunjungan ini selain dapat berbagi informasi juga dapat mempererat silaturahmi antar daerah”, ujar Rachmadi.

Ditambahkannya, Kabupaten Banjar melakukan berbagai program untuk mengelola pengelolaan sampah secara ramah lingkungan, pendauran ulang sampah dijadikan produk usaha bernilai ekonomis serta menciptakan sumber energi terbarukan dengan memanfaatkan sampah sebagai bahan bakar utama pembuatan biogas metan.

Akhirnya, acara pun dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke TPA Cahaya Kencana di Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar (Irwin/Afuz/f)

  

Pewarta: Asmuni

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2016