Pecatur muda (junior) asal Kabupaten Hulu Sungai Utara Nishfa Dayyana Rahmah yang masih berusia 13 tahun untuk kesekian kalinya kembali meraih prestasi di ajang Turnamen Catur tingkat regional Kalimantan.

Nisfha berhasil menyabet juara II pada Open Turnamen Catur Piala Gubernur Kalimantan  Tengah yang dilaksanakan 4-8 Juli 2022.

"Terima kasih kepada Pemerintah Daerah khususnya Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata dan Komite Olahraga Nasional Indonesia yang memberi dukungan kepada atlet catur muda kita sehingga bisa terus mengikuti ajang di tingkat Nasional," ujar Pelatih Nasional Catur Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Ahmad Raihan Hasa di Amuntai, Senin (11/7/22).

Raihan mengatakan, gelar yang diraih Nisfha kali ini yakni juara II pada  kategori terbaik Puteri umum tingkat Nasional, sedangkan Juara satu ditempati Grand Master Wanita Dwi Citra yang meraih medali Emas.
 
Pecatur junior HSU, Nisfha Dayyana Rahmah bersama Pelatih Catur Nasional HSU Ahmad Raihan Hasa dan Ruslianor berfoto bersama grand Master Novendra Priasmoro pada Open Turnamen Catur Piala Gubernur Kalimantan  Tengah 4 - 8 Juli 2022. (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Kebahagiaan tak bisa disembunyikan pelatih Nasional Catur HSU Ahmad Raihan Hasa yang tidak lain  adalah orang tua Nisfha sendiri yang sejak kecil melatih Nisfha bersama atlet catur lain dikediamannya yang menjadi sekretariat Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) cabang HSU.

"Semoga atlet catur bisa terus berprestasi membawa harum nama daerah Hulu Sungai Utara," kata Raihan.

Selain prestasi juara yang diraih Nisfha pada turnamen ini juga memberikan prestasi berupa Gelar Master Catur kepada atlet catur asal Kabupaten HSU lainnya yakni Ruslianoor.

Ruslianoor berhasil dianugerahi Gelar Norma Master Nasional (NMN) setelah di Babak terakhir berhasil menang atas Juara Nasional/
pemain Olympiade MNW. Fahira Mariroh dari Jatim. Keberhasilan tersebut juga diikuti oleh ke enam orang atlet caturnya lainnya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022