Pemerintah Kabupaten Banjar membagikan ribuan kantong daging kurban kepada masyarakat, tenaga honorer dan aparatur sipil negara hasil penyembelihan empat ekor sapi kurban Hari Raya Idul Adha.
 
Penyembelihan disaksikan Bupati Banjar Saidi Mansyur di halaman belakang kantor Bupati, Senin sekaligus mempercayakan badal keluarga yang berkurban kepada Guru Supian Sauri.
 
"Idul Adha yang ditandai dengan penyembelihan hewan kurban adalah salah satu sarana umat Islam untuk mendekatkan diri kepada Allah dan meneladani pengorbanan Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail," ujarnya.
 
Ditekankan, penyembelihan hewan kurban di masyarakat lebih semarak, bukan hanya tentang sapi kurban tetapi mempererat silaturrahmi dan memperkuat ibadah karena kultur masyarakat Banjar yang religius.
 
Ditekankan, pelaksanaan ibadah kurban memiliki dua makna penting yakni pertama ketaqwaan dan ketaatan manusia atas perintah Allah SWT dan kedua makna sosial yaitu ajaran agar setiap umat islam.
 
"Makna sosial dimaksud adalah kepekaan sosial yang harus dimiliki setiap individu disamping solidaritas tinggi, diimbangi kerendahan hati dan ikhlas saling berbagi dengan sesama," ungkapnya.
 
Ketua panitia pelaksana Sawiyan mengatakan, penyembelihan hewan kurban sebanyak 4 ekor sapi yakni satu ekor dari Bupati Banjar, 1 ekor dari Indomaret program CSR dan 2 ekor dari pegawai Pemkab Banjar.
 
Penyembelihan sapi kurban jenis Limousine juga disaksikan Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsy, Sekda Banjar M Hilman, perwakilan dari Forkopimda, pejabat Pemkab Banjar dan dari Bank Kalsel juga Indomaret.
 
 
Bupati Banjar Saidi Mansyur bersama Wakil Bupati Said Idrus Al-Habsy menyaksikan penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah. Foto ANTARA HO-DINAS KOMINFO BANJAR
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022