Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry membuka secara resmi Pendampingan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK BLUD) Puskesmas Dinas Kesehatan HSS, di Banjarmasin.

Ia mengatakan, menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini demi kelancaran pelaksanaan PPK-BLUD bagi 11 puskesmas yang mengikuti.

"Ini juga merupakan wujud nyata dari komitmen kita dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi SDM puskesmas di Kabupaten HSS," katanya dalam sambutan pembukaan, Senin (4/7).

Baca juga: Vaksinasi massal BIN Kalsel sasar ratusan orang di STAI Darul Ulum Kandangan

Dijelaskan dia, melalui kegiatan ini juga secara bertahap akan terus diupayakan memperbaiki, dan meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat HSS.

Diharapkan dengan adanya pendampingan ini juga dapat meningkatkan semangat, motivasi dan inovasi bagi SDM di puskesmas dalam mengajak masyarakat untuk terus menerapkan pola hidup sehat.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalsel, Rudi M. Harahab, mengatakan mengapresiasi dilaksanakannya PPK BLUD Puskesmas Dinas Kesehatan HSS ini.

"BLUD Puskesmas ini sangat bagus karena mereka akan menjadi lebih profesional dalam pelayanan kesehatan kepada masyarakat, dan BLUD puskesmas ini bisa menjadi model di Kalsel karena kita tahun HSS selalu menjadi percontohan," katanya.

Baca juga: TPPS HSS lakukan pemetaan untuk penanganan stunting

Menurut dia, pihaknya akan terus mendorong Pemkab HSS untuk menerapkan manajemen risiko, juga pemerintahan berbasis risiko supaya bisa memastikan birokrasi lebih bisa menonjol dan ditingkatkan lagi.

PPK BLUD merupakan pola pengelolaan keuangan yang memberikan fleksibilitas, dalam meningkatkan pelayanan puskesmas kepada masyarakat.

SDM Puskesmas belajar tentang penyusunan berbagai dokumen persyaratan dalam penetapan PPK  BLUD, dengan narasumber dari perwakilan BPKP Provinsi Kalsel.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022