Anggota DPRD Kotabaru, Kalimantan Selatan, M. Lutfi Ali mengungkapkan, reses yang dilakukan merupakan ajang silaturahim antara anggota DPRD dan masyarakat secara langsung.

"Selain silatirahim, kita dapat mendengarkan dan menyerap aspirasi masyarakat dalam mewujudkan pembangunan daerah," katanya di Kotabaru Rabu.

Anggota DPRD Kotabaru dari Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut mengungkapkan, reses kali ini pihaknya menemui masyarakat di beberapa desa diantaranya Desa Gedambaan, Sarangtiung, Sebatung, Gunung Ulin dan Politeknik Kotabaru.

Banyak hal yang tampung atas usulan-usulan masyarakat, kaitannya dalam roda pembangunan di desa masing-masing.

Secara garis besar, lanjut M. Lutfi, dari sekian banyak aspirasi yang disampaikan, dapat disimpulkan pada beberapa bidang di antaranya peningkatan sarana prasarana jalan di masing masing desa. 

Selain itu, kata dia, banyak pertanyaan masyarakat di enam titik kegiatan reses desa tersebut tentang realisasi bantuan kepada petani dan kelompok serta nelayan baik berupa sarana pertanian, peralatan dan pendukung lainnya di desa masing masing.

Sehubungan dengan aspirasi tersebut, pihaknya akan mengkaji dan menganalisa, kemudian memilah dari semua aspirasi tersebut menjadi domine (kewenangan) daerah (kabupaten), provinsi atau pusat.

Karena kaitannya dengan pemberdayaan masyarakat khususnya petani dan nelayan, pemerintah telah banyak mencanangkan berbagai program, termasuk pemanfaatan dana desa yang sudah berjalan.

"Dengan pengelompokan dan pemilihan terhadap aspirasi yang disampaikan masyarakat, selanjutnya akan dilanjutkan kepada pihak yang berkompeten," jelasnya.

Bersamaan dengan itu, untuk menjamin terlaksananya dan realisasi terhadap penyaluran bantuan, legislatif juga akan terus memantau dan mengawasi.

Hal ini sebagai langkah dan upaya agar kebijakan atau program yang dicanangkan pemerintah dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan kegunannya.

"Memang sesuai dengan fungsi dan kewenangan legislatif khususnya dalam pengawasan, sehingga tujuan tercapainya roda pemerintahan dengan baik dan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud," pungkas Lutfi.
 

Pewarta: Aqsin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022