Festival Loksado yang merupakan ikon wisata daerah Hulu Sungai Selatan (HSS) telah dimulai, terlihat para peserta sudah mulai berdatangan dan melakukan registrasi di Wisata Alam Roh 7, Loksado.

Festival ini sangat diminati para wisatawan, baik lokal, nasional, maupun internasional, karena memadukan berbagai potensi atraksi budaya dan wisata alam yang berakar dari tradisi masyarakat Dayak di Pegunungan Meratus Loksado.

"Peserta hari ini yang sudah konfirmasi ke kita sekitar 35 tim berasal dari semua kabupaten/kota di Kalsel," kata Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) HSS, M. Zakir Maulidi, Jumat (24/6) kemarin.

Dijelaskan dia, tim yang mendaftar ada dari instansi pemerintahan, serta ada juga beberapa penggiat wisata yang bukan peserta, tetapi juga ikut berpartisipasi yang tentu diperbolehkan.
 
Festival Loksado resmi dimulai dari hari ini, Jum'at (24/6). (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: 30 atlet dan pelatih berprestasi HSS terima voucher tahap II

Festival Loksado sebelumnya sudah termasuk dalam 100 Calendar of Event (CoE), dan pada penyelenggaraan Festival Loksado tahun ini sudah masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2022 Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Alhamdulillah kita di KSPN Loksado dengan Festival Loksado tahun ini lolos dalam kurasi yang dilakukan oleh Kemenparekraf, sehingga masuk ke dalam KEN 2022, karena Festival Loksado memiliki spesifikasi khusus dan unik," katanya.

KEN 2022 merupakan strategi kolaborasi Kemenparekraf dengan pemerintah daerah, melalui penyelenggaraan event berkualitas bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata.

Juga meningkatkan kunjungan wisatawan, memberdayakan potensi lokal, serta memberikan dampak positif terhadap ekonomi, sosial budaya dan lingkungan dengan prinsip berkelanjutan.
 
Festival Loksado resmi dimulai hari ini, Jum'at (24/6). (Antara/HO-Diskominfo HSS)


Baca juga: "Lamang Bahintalu" Kandangan miliki rasa khas, diminati konsumen

Atraksi puncak sekaligus menjadi wisata unggulan Festival Loksado adalah balanting paring, atau yang sekarang lebih dikenal dengan bamboo rafting.

Selain bamboo rafting, Festival Loksado kali ini juga menyediakan Bazar Ekonomi Kreatif serta menampilkan beragam atraksi pendukung, seperti atraksi seni, budaya, dan hiburan yang nantinya menampilkan tarian-tarian daerah dan musik tradisional.

Juga akan ada fun trekking dan Festival Mahumbal yang merupakan festival kuliner, menyajikan makanan khas masyarakat Loksado berbahan dasar beras, yang ditaruh di dalam daun ditambah sayuran ataupun lauk yang dimasak menggunakan bambu.

"Ayo mari datang Ke Loksado, kami jamin Loksado aman dan nyaman bagi buhan pian sabarataan (Anda sekalian) wisatawan yang berkunjung ke KSPN Loksado," katanya.

Baca juga: Wisata air terjun Haratai dan air panas Tanuhi dipadati pengunjung
 
Festival Loksado resmi dimulai hari ini, Jum'at (24/6). (Antara/HO-Diskominfo HSS)

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022