Muhammad Amin warga Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) Kalsel mencoba melakukan pemasangan Set Top Box (STB) untuk dapat menikmati siaran TV digital.

Memang, menurutnya, jumlah siaran masih terbatas namun kualitas gambar jauh lebih jernih dibanding pakai parabola. "TV digital memiliki kualitas siaran yang lebih baik, meskipun berada di lokasi yang memiliki sinyal lemah," katanya di Barabai, Selasa (21/6).

Sedangkan TV parabola yang saat masih analog dijelaskannya kualitas siarannya sangat dipengaruhi faktor cuaca serta posisi parabola.

Ia mengatakan beberapa warga di sekitarnya di Kota Barabai sudah ada yang secara mandiri beralih ke siaran TV digital.

Setelah searching di aplikasi sinyal TV digital, ternyata Kota Barabai masuk dalam wilayah layanan Kalimantan Selatan II dan masih menangkap sinyal dari Kabupaten tetangga Kota Kandangan.

"Dari aplikasi, terkuat sinyalnya memang ada di Kota Kandangan namun di kota Barabai juga masih tetap bisa menikmati siaran TV digital yang ada seperti TVRI, Metro TV, dan Trans 7," terangnnya.

Dari pengalamannya, beralih ke siaran TV digital itu mudah. Pertama adalah memeriksa pesawat televisi masing-masing.

Selanjutnya lakukan saja scanning ulang program siaran. Pesawat televisi yang sudah ada tuner standar DVBT2 di dalamnya, otomatis televisi digital bisa menangkap dan menayangkan program-program siaran TV digital.

Namun dikatakan dia, setelah lakukan pindai (scanning) ulang program, dan siaran yang ada di televisi masih sama dengan sebelumnya, berarti pesawat televisi masih analog.

"Ingat, siaran TV digital itu gambarnya benar-benar bersih dan suaranya canggih. Jadi bila gambarnya masih sama dengan sebelumnya, bisa dipastikan siaran TV digital belum tertangkap," terangnnya.

Ia menambahkan, pesawat TV analog memerlukan alat tambahan bernama Set Top Box (STB) DVBT2 agar bisa menangkap sinyal TV digital. Setelah STB dirangkaikan dengan televisi lama atau tabung, siaran TV digital akan tertangkap di pesawat televisi. 

"Untuk mengetahui lebih rinci tentang kekuatan sinyal, jumlah multipleksing dan jumlah stasiun/program yang sudah bersiaran di sebuah daerah, masyarakat dapat mengunduh aplikasi  ‘sinyaltvdigital’ yang tersedia di iOS/ Android," katanya.

Dari aplikasi tersebut, masyarakat mendapatkan informasi ke arah manakah sebaiknya antena UHF di rumah ditujukan. Mengarahkan antena secara tepat, membantu hasil optimal tangkapan tayangan siaran TV digital.  Siaran TV digital itu tetap menggunakan antena UHF. Antena yang selama ini dipakai tetap diperlukan, tidak perlu ganti antena. 

Siaran TV digital bukan streaming internet serta bukan pula televisi berlangganan yang menggunakan satelit atau kabel.

#ASO #analogswitchoff #TVdigital #siarandigitalindonesia #ASO2022

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022