Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Balangan Saribbudin melalui Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah (Kasi PHU) Fahmi Wahid menyampaikan 82 orang jamaah calon haji di Balangan akan diberangkatkan ke Tanah Suci pada musim haji tahun 2022.

"Jumlah jamaah yang akan berangkat tahun ini tidak sebanyak seperti tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, terkait keberangkatan perlu dipersiapkan dengan baik," kata Fahmi kepada ANTARA di Paringin, Senin.

Berita terkait: Kemenag Kalsel: Kloter 1 JCH dari Tabalong, Balangan, dan Banjar


Dia menjelaskan, sebelum keberangkatan 82 jamaah calon haji tersebut telah mengikuti empat kali manasik haji tingkat kecamatan dan dua kali manasik haji tingkat kabupaten. Nanti juga ada pengecekan kesehatan, diberikan bekal tata cara berhaji, SOP pesawat, kesehatan, kelengkapan dokumen, barang bawaan dan sebagainya.

Selain itu, ucapnya, ada tiga orang yang tidak jadi berangkat dikarenakan hamil, serta dua lainnya dengan alasan keluarga.

Bupati Balangan Abdul Hadi, mengatakan selesainya rangkaian pembekalan dan pelatihan pelaksanaan ibadah haji ini tidak berarti semua sudah dikuasai. Sepanjang perjalanan nanti ketika berangkat ke tanah suci, selama di sana hingga saatnya kembali akan banyak hal-hal baru yang akan dihadapi.

"Kami dari pemda sangat berharap bapak ibu sekalian terus berlatih menambah ilmu secara mandiri, serta mempersiapkan diri sebaik-baiknya guna menyempurnakan apa-apa yang telah didapat selama mengikuti bimbingan manasik haji," ujar Abdul Hadi.

Dia menambahkan, dengan selesainya manasik haji ini berarti tinggal menghitung hari untuk berangkat saja. Karena itu manfaatkanlah beberapa hari yang ada sebelum keberangkatan saudara untuk menyiapkan diri dengan sebaiknya.

Baca juga: Ahsani Fauzan apresiasi penuh kegiatan MTQ di Balangan

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022