Rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2022 di PT Antang Gunung Meratus (AGM), salah satunya diisi dengan aksi penanaman ratusan pohon di area final disposal.

Kepala Teknik Tambang PT AGM, Imam Arifianto, di Ida Manggala, Kamis (9/6), mengatakan pohon yang ditanam ratusan bibit pohon, terdiri dari jenis pohon ulin, nangka, cempedak sampai pohon sengon.

“Setelah ini akan terus dilakukan penanaman pohon, rencananya ada sekitar empat sampai lima ribu pohon yang akan ditanam di lahan sekitar lima hektare,” katanya, saat memberikan keterangan.

Dijelaskan dia, ke depannya pihaknya dari perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan menjadwalkan akan setiap tahunnya secara rutin melakukan tanam pohon di area final reklamasi.

 

Baca juga: PT AGM bangun overpass di Tapin

Selain aksi penanaman pohon, PT AGM juga melakukan webinar, sekolah adiwiyata, cerdas cermat sampai green office, di mana untuk rangkaian kegiatan ini dilakukan di dua kabupaten, yakni Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) dan Tapin.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (Dispera KPLH) HSS, Ronaldy Prana Putra, mengatakan peringatan hari lingkungan hidup tahun 2022 ini mengangkat tema “Satu Bumi Untuk Masa Depan”.

"Ini menjadi momen penting untuk kita semua untuk terus menumbuhkan, meningkatkan kesadaran dan kepedulian untuk terus memperbaiki dalam perilaku adil terhadap lingkungan," katanya.

Baca juga: PT AGM dapatkan Proper Biru Nasional

Lingkungan yang sehat membutuhkan dukungan dan keterlibatan semua pihak secara konstruktif, dengan penanaman pohon dilakukan semua pihak ini dapat memberikan sumbangsih bagi kelestarian lingkungan dan perubahan iklim.

Ia mengajak semua pihak untuk mengisi Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia melalui aksi-aksi positif, dimulai dari diri sendiri untuk menjaga dan melestarikan bumi sebagai tempat tinggal.

"Terimakasih atas komitmen AGM terkait lingkungan, progres penanganan kekeruhan sungai juga semakin bagus. Semoga target terselesaikan sesuai waktu, kami juga mengucapkan terimakasih atas bantuan PT AGM terkait gerbang HSS Tapin dari CSR yang saat ini sedang dibangun," katanya

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022