PT Antang Gunung Meratus (AGM) mendapatkan sertifikat Proper Nasional peringkat Biru yang diserahkan Dinas Lingkungan Hidup Kalimantan Selatan karena dinilai baik menjaga lingkungan di tengah aktivitas usaha pertambangan batubara. 

PT AGM, yang memiliki izin usaha di Kalsel meliputi Kabupaten Tapin, Banjar, Hulu Sungai Selatan, dan Hulu Sungai Tengah, adalah satu dari 46 perusahaan yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan Partnership Program dan Apresiasi Proper di Banjarbaru, Kamis, (31/3). 

Government Relation Superintendent PT AGM Achmad Syahdeni menjanjikan bahwa perusahaan akan terus berkomitmen mendukung  program DLH Kalsel untuk menjaga lingkungan. 

“PT AGM tentunya selalu berkontribusi terhadap lingkungan.  PT AGM peduli terhadap lingkungan apalagi penghargaan tahun sebelumnya yang diterima masih Proper Hijau skala daerah Kalsel,” ungkapnya, Jum'at. 

Pimpinan PT AGM, kata dia, mengucapkan hal senada, yaitu berkomitmen terhadap kebijakan menjaga lingkungan di wilayah kerja perusahaan. 

Selain itu, kata dia, pimpinan perusahaan menyatakan siap mendukung dan menjalankan program dan tawaran dari pemerintah Provinsi Kalsel, dalam hal menjaga kelestarian lingkungan. 

Program-program pemprov adalah Martapura Asri, Kampung Iklim (Proklim), Merdeka Sampah, hingga Desa Sasangga Banua. 

Mewakili PT AGM, Syahdeni mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Kalsel atas sertifikat Proper Biru yang diberikan. 

Sekilas tentang Proper Biru; ia menandakan bahwa perusahaan telah melakukan upaya pengelolaan lingkungan yang telah memenuhi semua aspeak yang dipersyaratkan oleh Kementerian Lingkungan HIdup dan Kehutanan (KLHK). 

Penilaian untuk mendapatkan penghargaan itu di antaranya tata kelola air, pengendalian kerusakan lahan, pencemaran laut, pengelolaan limbah B3, pengendalian pencemaran udara, pengendalian pencemaran air, dan implementasi Amdal.

Baca juga: Pemprov Kalsel jalin partnership program untuk pembangunan lingkungan hidup
Baca juga: Pemprov Kalsel terus gelorakan Revolusi Hijau
Baca juga: Bidang Datun Kejati Kalsel beri pendampingan PD Baramarta
 

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022