PT Bangun Banua, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan meraih 3 penghargaan bertaraf nasional dalam kurun waktu sekitar 40 hari atau dari April hingga Mei 2022.

Menurut Plt Direktur Utama PT Bangun Banua Kalsel Bayu Budjang di Banjarmasin, Selasa, selama 35 tahun, atau dari berbentuk Perusahaan Daerah (PD) didirikan 1986, baru tahun 2022 ini meraih penghargaan tingkat nasional.

"Tanpa kita kira juga, bahkan dapat tiga penghargaan langsung tahun ini dalam waktu sekitar 40 hari saja," ujarnya.

Penghargaan pertama yang didapat PT Bangun Banua Kalsel adalah Top BUMD Awards 2022 untuk katagori BUMD Aneka Usaha- Bintang 3 dari TopBusiness di Jakarta pada 20 April 2022.

"Bahkan pa Gubernur kita juga diberi penghargaan top pembina BUMD, karena kemajuan dan prestasi yang diraih PT Bangun Banua ini atas arahan dan petunjuk beliau," ujar Bayu.

Dia pun menyampaikan kemajuan PT Bangun Banua dalam kurun waktu 2 tahun ini, di mana sebelumnya tanpa ada kontribusi menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD), namun sejak 2021 sudah menyumbang Rp1 miliar bagi kas daerah.

Terlebih lagi, sektor usaha yang diperbaiki pihaknya dengan serius adalah Hotel Batung Batulis di Banjarmasin dan Banjarbaru, di mana menunjukkan kemajuan yang signifikan, hingga hidup kembali sebagai hotel yang layak dikunjungi.

Ada beberapa sektor usaha lagi, termasuk properti dan kuliner atau cafe yang dikembangkan, hingga dinilai organisasi atau lembaga swadaya masyarakat bahwa PT Bangun Banua sebagai BUMD Pemprov Kalsel layak dari beri penghargaan.

Padahal, tutur dia, ada sekitar 1.600 BUMD di Indonesia, di mana PT Bangun Banua bisa meraih prestasi tertinggi.

Dua penghargaan tingkat nasional lagi yang diraih adalah Top No.1 Compleny best choice katagori Best Performance Enterprise Business Services of The Year 2022 dari 5 Pilar Media Communication yan diraih pada 20 Mei 2022 di Jakarta.

Disusul lagi, iibca 2022 Indonesia Inspirasi best company award untuk katagori The Most Reputable Company of The Year yang diserahkan di Yogyakarta 27 Mei 2022.

Bayu yang didampingi Direktur Umum Yusni Hardi, menyatakan, pihaknya tidak henti untuk berinovasi mengembangkan sayap usaha, diantara yang proses penggarapannya saat ini adalah pembangunan SPBU di daerah kantor Pemprov Kalsel di Banjarbaru.

"Selain itu kita juga dipercaya anak perusahaan PT Pertamina, dari hanya 4 BUMD di Indonesia, sebagai agen distribusi LPG 3 Kg," tuturnya.

Bayu pun menyampaikan, banyak lagi sektor usaha yang potensial dilirik PT Bangun Banua, hingga pihaknya berkomitmen sebagai direksi yang baru bertugas sekitar 2 tahun ini untuk semakin berubah, maju dan memberikan kontribusi yang besar bagi daerah.

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022