Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H. Achmad Fikry memimpin apel gelar pasukan di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan dalam kerangka persiapan pengamanan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak di kabupaten ini tahun 2022, .

Ia mengatakan, semua pihak agar menyiapkan mental dan moral serta lebih memantapkan kondisi kondusif untuk kesiapan pengamanan pilkades serentak di wilayah HSS.

"Kami mengingatkan kepada seluruh anggota pengamanan pilkades untuk bersikap netral, dan mengedepankan komunikasi yang baik," katanya dalam arahan, Senin (30/5) pagi.

Baca juga: 340 bakal calon sudah mendaftar pilkades serentak HSS

Dijelaskan dia, hal ini untuk menghindari pengaruh pemilih di sekitar TPS yang dapat mempengaruhi psikologis petugas di lapangan, juga agar melakukan sosialisasi kepada para pendukung masing-masing calon, untuk tetap bisa menghormati pihak yang menang atau yang kalah.

Titik-titik kerawanan perlu diperkirakan sedari sekarang, pastikan suasana tetap kondusif dan pastikan pada saat pemungutan dan penghitungan suara.

Para petugas agar dapat melakukan tugas dengan aman, lancar dan tenang dan pastikan juga semua pemilih yang terdaftar bisa menggunakan hak pilihnya ke TPS-TPS yang telah ditentukan.

"Kegiatan pengamanan tidak berhenti sampai masa pemungutan suara saja, namun juga pasca pemungutan suara sampai dengan pelantikan selesai," katanya.

Baca juga: Pengangkatan PJ Kades perlancar layanan

Dia bersyukur sampai saat ini tidak ada permasalahan yang berarti yang diperkirakan bisa menghambat terlaksananya pilkades serentak, dan pada hari pelaksanaannya nanti pihaknya akan keliling berbagi tugas untuk memantau proses pemilihan.

Apel gelar pasukan ini bentuk kesiapan pasukan dalam menghadapi pilkades serentak di Kabupaten HSS yang akan di laksanakan pada 2 Juni 2022 mendatang.

Pilkades tersebar di 129 desa di 11 kecamatan di Kabupaten HSS, dan terdapat 327 TPS dengan jumlah pemilih terdaftar sebanyak 137.043 orang.

Turut hadir, Kapolres HSS AKBP Sugeng Priyanto, Dandim 1003 HSS Letkol Infanteri Nurliwedie Nurdin Kanan,  Ketua MUI HSS dan segenap Forkopimda HSS, serta para pejabat di lingkungan Polres HSS serta para perwira Kodim 1003 HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022