Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, berhasil mencapai 100 persen vaksinasi dosis pertama dari sasaran yang ditargetkan dengan kondisi terbaik saat ini yaitu nol kasus COVID-19.

"Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, untuk Tanah Bumbu per tanggal 26 Mei 2022 sudah sebanyak 238.577 orang atau 100 persen dari target menerima vaksinasi dosis pertama," kata Kapolres Tanah Bumbu AKBP Tri Hambodo di Batulicin, Sabtu.

Atas pencapaian tersebut, Tri menyampaikan terima kasih kepada semua warga Tanah Bumbu atas partisipasi  mereka mengikuti vaksinasi sehingga target 100 persen minimal dosis pertama yang diinginkan Presiden Joko Widodo sudah terpenuhi.

Apresiasi tinggi juga ditujukan Tri kepada seluruh petugas gabungan dan relawan kesehatan yang terlibat mendukung terlaksananya kegiatan vaksinasi selama ini tanpa pamrih demi tewujudnya kekebalan komunitas di tengah masyarakat.
Kapolres Tanah Bumbu AKBP Tri Hambodo didampingi Kabag Ops Kompol Andri Hutagalung saat kegiatan vaksinasi. (ANTARA/Firman)


Diakui dia pula, instruksi Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo melalui Kapolda Kalsel Irjen Pol Rikwanto agar Polres dapat bergerak cepat menuntaskan vaksinasi 100 persen menjadi motivasi tersendiri bagi jajarannya.

"Kita buka gerai vaksin presisi siang malam secara jemput bola melayani masyarakat mendapatkan vaksin. Begitu juga razia kartu vaksin digencarkan, termasuk pembagian undian hingga bonus minyak goreng bagi warga yang bervaksin," jelasnya.

Kini Polres Tanah Bumbu fokus melaksanakan akselerasi pelayanan vaksin untuk sasaran dosis kedua atau vaksinasi lengkap karena angkanya saat ini baru 194.038 orang atau 81 persen.

Begitu juga dosis ketiga atau vaksin penguat, capaiannya relatif masih kecil, yakni 44.203 orang atau 18 persen sehingga perlu kerja lebih keras meningkatkannya.

"Mari pertahankan kondisi terbaik ini tetap waspada akan penularan COVID-19. Meski presiden sudah mengambil kebijakan pelonggaran masker namun kita tidak boleh euforia, tetap disiplin prokes pada waktu-waktu tertentu sebagaimana arahan pemerintah," ucap Tri.
Kapolres Tanah Bumbu AKBP Tri Hambodo saat kegiatan vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun. (ANTARA/Firman)


Diketahui dari 13 kabupaten dan kota di Kalsel baru dua daerah yang sudah mencapai 100 persen vaksinasi dosis pertama. Selain Tanah Bumbu, ada Kabupaten Balangan namun dengan sasaran jauh lebih kecil. Sedangkan capaian dosis keduanya 78 persen.

Sementara itu, untuk tingkat provinsi, dosis pertama mencapai 2.959.240 orang atau  93,61 persen, dosis kedua 2.344.881 orang atau 74,18 persen dari total populasi 4.073.584 jiwa dan target sasaran 3.161.137 jiwa atau 78 persen.

Pewarta: Firman

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022