Sekretaris Daerah Prov Kalsel Roy Rizali Anwar saat menghadiri Rapat Koordinator Teknis Long Form Sensus Penduduk (SP) 2020 di Galaxy Hotel, Senin (23/5), mengajak seluruh SKPD  untuk mendukung dan turut menyukseskan SP 2020 lanjutan yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). 

“Kami mengajak kepada seluruh jajaran dinas/ lembaga/ instansi di Lingkungan Pemprov Kalimantan Selatan untuk mendukung dan menyukseskan seluruh rangkaian kegiatan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan,” ajaknya.


Ia mengatakan hasil data SP 2020 merupakan data terkini/update yang sangat strategis dan berguna bagi Pemprov Kalsel, karena merupakan data dasar dalam penyusunan kebijakan di semua aspek dalam lingkup Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan.

“Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan sangat menyambut baik dan mendukung kegiatan Sensus Penduduk 2020 Lanjutan yang dilaksanakan oleh BPS, yang sedang berlangsung hingga bulan Juni 2022 nanti,” kata Roy.

Pendataan SP 2020 lanjutan ini, ujarnya, akan menghasilkan parameter demografi seperti kelahiran, kematian, dan migrasi serta informasi penting lainnya guna menghasilkan indikator Sustainable Development Goals (SDGs) dan RPJMN bidang kependudukan.

Untuk kesuksesan pelaksanaan SP2020-Lanjutan ini, sebut sekda, diperlukan kolaborasi antara BPS sebagai penyedia data statistik, dan dinas/instansi terkait seperti Dinas Kependudukan,Catatan Sipil dan KB sebagai partner BPS dalam mewujudkan satu data kependudukan.

Lalu Diskominfo dalam membantu menyebarluaskan proses kegiatan dan output dari SP2020-Lanjutan nantinya, serta Bappeda sebagai pengguna data yang terkait dengan perencanaan pembangunan daerah di Kalimantan Selatan.

Sekda berharap, kegiatan rakortek ini dapat bermanfaat sekaligus untuk menjalin kebersamaan dalam upaya memajukan Kalsel.

Rapat koordinasi teknis yang dibuka oleh Deputi Bidang Statistik Produksi BPS RI H.M.Habibullah,S.SI,M.Si, tidak hanya dihadiri oleh peserta dari BPS kabupaten/kota maupun provinsi tetapi juga dihadiri oleh perwakilan dari instansi luar, yaitu Disdukcapil dan KB, Diskominfo yang menjadi bagian dari Tim Pelaksana Kegiatan LF SP 2020 dengan tujuan agar berkolaborasi untuk melaksanakan Perpres Nomor 39 Tahun 2019 Tentang Satu Data Indonesia
.

Baca juga: Dinkes minta masyarakat Kalsel jangan euforia pelonggaran pakai masker
Baca juga: Pemprov Kalsel: ketersediaan hewan kurban aman dengan proyeksi 12.000 ekor

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022