Pelaksanaan Amuntai Expo 2022 dalam rangka Hari Jadi ke 70 Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) resmi ditutup pada Sabtu (21/5/22). Setelah dikalkulasi diketahui omzet yang yang beredar mencapai Rp4,8 milyar.

Menjelang hari terakhir gelaran Amuntai Expo 2022, ratusan pengunjung masih memadati kawasan festival pembangunan tersebut.
Hal itu terlihat dari padatnya kendaraan bermotor terpakir disepanjang Jalan Kuripan, Kelurahan Murung Sari, Kecamatan Amuntai Tengah.

Berdasarkan pantauan, Sabtu (21/5) suasana di Amuntai Expo mulai dipenuhi pengunjung dari pukul 16.00 Wita.
Kerumunan warga tampak diberbagai area dari stand pameran dan lokasi belanja serta tempat bermain anak.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskuperindag) HSU, Muhammad Yani mengatakan, terkait omzet transaksi dalam tujuh hari pelaksanaan Amuntai Expo mencapai sekitar Rp 4,8 milyar.

"Dari beberapa kegiatan transaksi itu yang paling banyak terjadi di sektor perdagangan, khususnya jajanan kuliner dan sektor wahana permainan," ujar Yani.

Selain sektor perdagangan dan permainan, adapun sektor jasa parkir yang setiap harinya meraup berkisar antara Rp 20-28 juta per hari.

Hal itu terlihat dari antusias yang besar masyarakat mengunjungi Amuntai Expo 2022 mencapai sedikitnya 3000 pengunjung setiap hari.

"Alhamdulliah pengunjungnya di hari pertama itu berkisar antara 1000-1500 pengunjung, tapi di hari kedua sudah mencapai lebih dari 2000 pengunjung bahkan sampai 3000 pengunjung jelasnya," terangnya.

Menurutnya alasan terjadinya lonjakan pengunjung yang cukup tinggi ini, diakibatkan selama dua tahun terakhir tidak pernah diadakan gelaran Amuntai Expo dikarenakan Pandemi COVID-19.

"Karena adanya Pandemi COVID-19 dua tahun tidak bisa melaksanakan Amuntai Expo," katanya.

Yani berharap kedepanya kegiatan Amuntai Expo ini bisa dilaksanakan kembali setiap tahun guna menggerakkan kembali ekonomi masyarakat pasca pandemi COVID-19.

"Melihat antusias (yang cukup tinggi) masyarakat dan pelaku usaha UMKM. Mereka ingin meminta ditambah waktu menjadi 10 hari," katanya.

Amuntai Expo 2022 akan ditutup langsung oleh Plt Bupati HSU, Husairi Abdi, Sabtu (21/5) pukul 20.00 Wita.

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022