Wakil Ketua DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) Muhammad Syaripuddin SE MAP atau yang akrab dengan sapaan Bang Dhin mengajak generasi bangsa di provinsinya memaknai Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) Tahun 2022 dengan penuh makna.

Ajakan politikus muda yang cukup energik dan visioner itu melalui WA-nya menjawab Antara Kalsel di Banjarmasin, Jumat (20/5/22) sehubungan peringatan ke-114 tahun Harkitnas. 

Menurut dia, Hari Kebangkitan Nasional menjadi sarana kontemplasi anak bangsa (termasuk di Kalsel) untuk terus berkontribusi melalui gagasan, pemikiran, dan tindakan yang bermanfaat bagi pembangunan nasional dan daerah setempat.. 

“Hari Kebangkitan Nasional menjadi sarana kontemplasi kita semua sebagai anak bangsa untuk terus berkontribusi dalam mewujudkan tujuan-tujuan bernegara di tengah arus peradaban global yang semakin maju," ujarnya. 

Ia menambahkan bahwa semangat Harkitnas harus masuk dalam berbagai segmentasi sosial kehidupan bermasyarakat Indonesia yang kental dengan kearifan luhur yang berkepribadian dalam kebudayaan. 

“Sebagai bangsa yang berbudaya, kita semua harus memiliki tindakan, perilaku, dan sikap plural dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," ujar wakil rakyat asal daerah pemilihan Kalsel VI/Kabupaten Kotabaru dan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) itu 

"Karena kebudayaan memiliki fungsi sentral sebagai landasan utama dalam tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara khususnya untuk bangkit menjadi Indonesia yang maju," demikian Bang Dhin.

Pemerintah Indonesia menjadikan Hari Lahir Budi Utomo 20 Mei pada 114 tahun silam sebagai Harkitnas yang harus dimaknai dengan tetap tegak serta utuhnya NKRI berdasarkan Pancasila.



 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022