Sebanyak 31 alumni Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), Kalimantan Selatan, masuk kriteria direkrut untuk kerja di PT Sapta Indra Sejati (PT SIS).

PT SIS, yang merupakan grup perusahaan PT Adaro Energi Tbk tersebut, mendapat pelamar sebanyak 153 orang yang masuk kriteria, di antaranya 31 orang dari alumni Poliban sebagai kampus vokasi terbesar di Kalsel.

Perusahaan yang bergerak di bidang kontraktor pertambangan moderen di Kalsel tersebut menaruh perhatian baik bagi SDM yang dihasilkan Poliban, hingga gelar interview pun di kampusnya.

Interview dengan user pada kegiatan diploma preparation program PT SIS 2022 yang diikuti sebanyak 31 alumni Poliban tersebut bertempat di ruang Career Development Center (CDC) Kampus Poliban selama 17-18 Mei 2022.

Kegiatan yang dimulai dari pukul 09.00 Wita dan berakhir pukul 15.00 Wita dengan komposisi 16 orang di hari pertama dan 15 orang di hari kedua tersebut menerapkan protokol kesehatan COVID-19.

Section Head Plant People Development PT SIS Heru Prayogi,  yang bertugas melaksanakan user interview bagi 31 alumni Poliban tersebut menyampaikan, setelah ini akan dilakukan kembali tahapan Medical Check Up (MCU).

Menurut dia, bagi alumni yang berhasil lulus pada tahapan ini, maka mereka secara resmi bergabung dengan PT SIS. 

Kepada Direktur Poliban, Heru meminta izin untuk melaksanakan rekrutmen kembali dalam waktu dekat, khusus untuk merekrut calon lulusan Poliban.

Direktur Poliban Joniriadi menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas kepercayaan terhadap SDM yang dicetak kampusnya, yakni SDM yang siap kerja di dunia industri.

Dia pun menginformasikan bahwa lulusan Poliban selanjutnya akan diwisuda sekitar September--Oktober 2022.

"Jika PT SIS ingin melakukan rekrutmen terhadap calon lulusan Poliban sebelum wisuda, bisa dilakukan dengan dua syarat," ujarnya.

Menurut Joniriadi, syarat pertama calon lulusan sudah selesai mengikuti sidang tugas akhir. Kemudian syarat kedua sudah mendapatkan Surat Keterangan Lulus (SKL).

"Rekrutmen berikutnya bisa saja dilakukan pada Juli atau Agustus 2022 dan diikuti oleh calon lulusan, sepanjang calon lulusan sudah memenuhi dua syarat tersebut," terangnya.

Direktur Poliban mengajukan MoU secara lisan kepada PT SIS agar kegiatan rekrutmen dari PT SIS dapat dilaksanakan secara berkesinambungan. 

Baca juga: Poliban siapkan manager meeting ke-2 Porseni Politeknik se-indonesia
Baca juga: PT Inovasi Informatik Sinergi beri ruang mahasiswa Poliban untuk praktik magang

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022