Kabupaten Balangan jalankan terobosan baru dengan menghadirkan program Home Care atau atau perawatan klinis langsung ke rumah bagi warga masyarakat yang tidak bisa pergi ke rumah sakit atau puskesmas terdekat.

Kepala UPT Puskesmas Batumandi Nurul Bahriah di Paringin Selasa, menjelaskan layanan ini hadir untuk memberikan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Balangan secara keseluruhan selama pandemi dan pascapandemi.

Dia melanjutkan, layanan Home Care ini  bukan hanya pada kuantitas, tetapi juga pada kualitas. Kerjasama mitra dokter dan klinik merupakan praktisi kesehatan yang berdedikasi, terdaftar, berkualifikasi dengan pengalaman praktik medis klinis sehingga masyarakat Balangan bisa menikmati layanan Home Care ini.

"Mereka juga memiliki lisensi kompetensi yang diakui oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, sehingga warga tidak perlu khawatir bepergian ke luar rumah untuk tes kesehatan. Izinkan layanan Home Care  datang ke rumah Anda," kata Nurul.

Kegiatan Home Care ini, sebutnya, sementara difokuskan pada pasien lansia atau warga yang tidak mendapatkan layanan kesehatan yang disebabkan tidak bisa datang ke puskesmas akibat mengidap penyakit kronis.

Layanan Home Care juga diperuntukkan bagi pasien warga Balangan yang cacat, lumpuh, lansia atau yang sudah tidak bisa lagi menuju tempat layanan kesehatan.

"Bagi pasien yang ingin mendapatkan layanan Home Care, bisa langsung melaporkan kepada perangkat desa atau bidan setempat atau bisa juga keluarga pasien melaporkan ke puskesmas langsung, maka tim Home Care akan datang ke rumah pasien tanpa dipungut biaya," tuturnya.

Diketahui, terobosan program ini merupakan salah satu visi-misi Bupati Balangan Abdul Hadi dan Wakil Bupati Balangan Supiani untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan kesehatan yang optimal.

Baca juga: Satpol-PP Balangan mulai tertibkan PKL dan spanduk liar
Baca juga: Arus mudik berakhir, Balangan dipastikan nihil laka lantas

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022