Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Selatan Dr Diauddin mengingatkan kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan di tempat-tempat objek wisata pada masa libur Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah ini.

Menurut dia, tempat-tempat wisata di provinsi ini semakin hari semakin meningkat mendapat kunjungan wisata, dan diprediksi puncaknya pada H+4 dan H+5 atau Sabtu dan Minggu (7-8/5/2022)..

"Kita juga sudah koordinasi dengan seluruh Dinkes kabupaten/kota agar memperhatikan tempat-tempat wisata yang berpotensi pengunjungnya membludak," tutur Diauddin di Banjarmasin, Jumat.

Perhatian yang harus dilakukan Dinkes, kata dia, dengan mengimbau pengelola objek wisata juga pengunjungnya agar terus menjalankan protokol kesehatan, tetap pakai masker dan tidak berkerumun, karana pandemi COVID-19 belum usai.

"Jangan sampai usai lebaran ini kasus COVID-19 di daerah kita naik lagi," ujarnya.

Saat ini kasus COVID-19 di Kalsel sudah sangat melandai, bahkan hanya ada tambahan satu kasus baru pada Kamis kemarin berasal dari Kota Banjarbaru.

Kasus aktif atau pasien COVID-19 yang masih dirawat, dengan tambahan satu kasus tersebut, menjadi 34 orang dari total 84.266 kasus COVID-19 selama pandemi.

Persentase kesembuhan dari COVID-19 di provinsi ini sebesar 96,95 persen atau 81.696 orang sembuh. Sementara meninggal dunia 3,01 persen atau sebanyak 2.536 orang.

Oleh karena itu, kata Diauddin, tidak ada kata tidak waspada sampai saat ini untuk penanganan penyebaran COVID-19 di provinsi ini, khususnya dilibur panjang lebaran ini di mana tempat-tempat wisata penuh.

Tempat-tempat wisata di Kalsel yang berpotensi selalu banyak dikunjungi warga, di antaranya objek wisata siring sungai Martapura di Kota Banjarmasin dengan wisata susur sungai dan pasar terapung.

Kemudian objek wisata Kiram Park, objek wisata Bukit Batu dan Danau Riam Kanan yang berada di Kabupaten Banjar, menyajikan pemandangan alam nan indah dengan perbukitan lebat.

Selanjutnya wisata pantai di daerah Kabupaten Tanah Laut, yakni Pantai Asmara, Pantai Tangkisung, Pantai Batakan. Demikian juga di Kabupaten Tanah Bumbu dan Kotabaru yang memiliki garis pantai.

Untuk wisata yang tidak kalah menariknya juga banyak di daerah Banua Enam atau daerah hulu sungai, salah satunya seperti objek wisata alam yang sudah mendunia, Loksado di Hulu Sungai Selatan (HSS).

Baca juga: Polresta Banjarmasin tingkatkan patroli kawasan wisata selama libur Lebaran
Baca juga: Arus balik H+2 antarprovinsi di Terminal Gambut Barakat Kalsel naik

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022