Arus balik lebaran antarprovinsi pada H+2 Idul Fitri 1443 Hijriah di Terminal Tipe A Gambut Barakat di Kilometer 17 Jalan A Yani, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, naik dibanding H+1.

Kepala Terminal atau Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Gambut Barakat Kalsel Daniel Bernhard, Kamis, menyampaikan kenaikan arus balik penumpang tidak hanya kedatangan, namun juga keberangkatan.

"Jadi naik cukup signifikan dari H+1 kemarin, baik kedatangan maupun keberangkatan," ujarnya.

Pada H+1 kemarin atau 4 Mei 2022, kata dia, arus balik kedatangan penumpang antarprovinsi di terminal ini, yakni dari Kalimantan Timur (Kaltim) dan Kalimantan Tengah (Kalteng) berjumlah 6 unit bus dengan jumlah penumpang sebanyak 238 orang.

Sedangkan keberangkatan dari terminal ini ke jurusan Kaltim dan Kalteng hari tersebut, lanjut Daniel, lebih banyak, yakni 13 unit bus dengan jumlah penumpang 361 orang.

Untuk hari ini H+2 atau 5 Mei 2022, Daniel melaporkan adanya peningkatan signifikan dari kedatangan sebanyak 10 unit bus dengan jumlah penumpang 399 orang dan keberangkatan sebanyak 17 unit bus dengan jumlah penumpang 559 orang.

"Jadi persentasenya 75 persen dari dan ke Kaltim, hanya 25 persen dari dan ke Kalteng," ucapnya.

Tidak hanya angkutan antarprovinsi, kata Daniel, penumpang untuk Antarkota Dalam Provinsi (AKDP) pun naik signifkan dari hari kemarin, yakni yang dilayani transportasi umum Trans Banjarbakula, BRT Banjarbakula, bus Damri Perintis dan bus Damri melayani jurusan Sangayam Batulicin Kabupaten Tanah Bumbu.

Dari total layanan bus-bus AKDP itu, ungkap dia, pada H+1 lebaran untuk kedatangan di terminal sebanyak 241 bus dengan total penumpang 3.674 orang. Kemudian yang berangkat sebanyak 291 unit bus dengan total penumpang 3.210 orang.

Pada H+2 lebaran terjadi kenaikan untuk kedatangan dengan 241 bus dan total penumpang 3.951 orang. Sedangkan keberangkatan sebanyak 288 unit bus dengan total penumpang 4.445 orang.

Adapun untuk jurusan layanan Trans Banjarbakula dan BRT Banjarbakula melayani 4 koridor, 3 koridor di antaranya, yakni 1,2 dan 4 dari Terminal Tipe A Gambut Barakat, sedangkan koridor 3 dari Terminal Tipe B Kilometer 6 Banjarmasin.

Koridor 1 melayani rute dari terminal Gambut Berkat hingga ke O Kilometer di Siring Sudirman Banjarmasin. Koridor 2 melayani rute dari Terminal Gambut Barakat hingga ke Simpang 4 Banjarbaru dan Koridor 4 dari Terminal Gambut Barakar hingga Kantor Kecamatan Bati-Bati, Kabupaten Tanah Laut.

"Sedangkan untuk koridor 3 di Terminal Km 6 Banjarmasin itu rutenya hingga ke Handil Bakti, Kabupaten Barito Kuala," ujarnya.

Baca juga: Arus balik di Balangan diprediksi H+5 lebaran terjadi kepadatan
Baca juga: Arus balik mudik terpantau padat lancar di Tapin Kalsel

Pewarta: Sukarli

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022