PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (UIP Kalbagtim) kembali menerima sertifikat aset tanah milik PT PLN (Persero), dan misi membangun keandalan listrik di Kalimantan terus berlanjut. 

Sebanyak 13 sertifikat tanah diserahkan oleh Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Kotabaru, Jani Levinus kepada Manager Pertanahan dan Aset PLN UIP Kalbagtim, Supriyanto, Kamis (21/4).

Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PT PLN UIP Kalbagtim Basuki Rahman mengatakan, sisa target terbit sertifikat tanah di Kotabaru tinggal 65 persil dari total 78 persel, sekarang masih terus diperjuangkan. 

“Hari ini kami menyerahkan sebanyak 13 sertifikat tanah, dan progres yang lainnya terdapat 13 sertifikat sedang dalam tahap proses cetak buku sertifikat, lalu 14 dalam proses penerbitan Surat Keputusan Pemberian Hak (SKPH). Kami terus melakukan monitoring progres di lapangan, sehingga sangat diharapkan dapat tercapai target yang telah ditentukan,” terangnya, dilaporkan, Selasa. 

Kendala yang sering dihadapi, kata dia, adanya tumpang tindih kepemilikan sertifikat, sehingga dalam penyelesaiannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

"Tetapi PLN UIP Kalbagtim dan Kantor Pertanahan Kotabaru siap berkomitmen dengan hubungan kerjasama dan sinergi yang baik  dapat menyelesaikan 100 persen kegiatan pengamanan aset milik PT PLN (Persero) di wilayah Kotabaru," ujarnya. 

Secara keseluruhan di wilayah kerjanya, hingga saat ini dicatat sudah ada 113 sertifikat yang terbit dan telah diterima oleh PLN UIP Kalbagtim. 

Sedangkan, untuk tahun 2022, PLN UIP Kalbagtim juga mempunyai kewajiban untuk menyelesaikan penerbitan sertifikat aset tanah milik PLN sebanyak 783 persil yang tersebar di wilayah kerja PLN UIP Kalbagtim yaitu ; Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Selatan. 

“Terimakasih atas bantuan dan dukungan yang diberikan oleh seluruh kantor pertanahan kota dan kabupaten di Kaltim, Kaltara dan Kalsel kepada UIP Kalbagtim,” ujarnya. 

Misi pembangunan yang diemban UIP Kalbagtim yaitu untuk meningkatkan keandalan listrik di Kalimantan, di antaranya juga untuk mendukung kebutuhan listrik daerah IKN Nusantara di Kalimantan Timur. 

General Manager PLN UIP Kalbagtim Josua Simanungkalit menerangkan, pada 2022 perusahaan berfokus ke pembangunan Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 kiloVolt (SUTT 150 kV).

Di antaranya :  SUTT 150 kV Batulicin – Tarjun, SUTT 150 kV Selaru – Sebuku di  Kotabaru Kalimantan Selatan. Selanjutnya,  di Kalimantan Timur : SUTT 150 kV Maloy – Kobexindo, SUTT 150 kV Sangatta – Maloy di Kutai Timur, dan SUTT 150 kV Bukuan - PT KFI di Samarinda dan Kutai Kartanegara.

Pewarta: M Fauzi Fadillah

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022