Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Kepala Daerah Akhir Tahun Anggaran 2021 mendapat apresiasi dari DPRD Provinsi Kalsel.

Apresiasi tersebut disampaikan Wakil Ketua DPRD Kalsel Hj Karmila pada rapat paripurna DPRD Kalsel di Banjarmasin, Rabu (27/4).

"Secara global, DPRD Kalsel sangat mengapresiasi penyelenggaraan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah yang dilaksanakan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan pada tahun anggaran 2021 yang mengalami peningkatan cukup signifikan," katanya.

Dikatakannya, meski di tengah pandemi COVID-19 ada beberapa peningkatan cukup signifikan, di antaranya, dari sisi serapan anggaran dan capaian kinerja dinilai bagus, dan mampu melakukan efisiensi anggaran dengan capaian kinerja optimal.

Penanganan dan pengamanan daerah-daerah pesisir dan pulau-pulau terpencil dan kinerja penegasan batas wilayah dinilai sudah bagus.

Apresiasi juga terhadap terakreditasinya BPSDMD Provinsi sebagai penyelenggara Diklat Pimpinan, Diklat Barang dan Jasa dan Diklat Penanggulangan Bencana.

Perkembangan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) di Kalsel cukup signifikan, saat ini ada empat bumdes maju dan 52 bumdes berkembang.

Selanjutnya, peningkatan fasilitas dan layanan Badan Penghubung Provinsi dengan capaian realisasi di angka 7,9. Peningkatan fasilitas terutama pada saranan transportasi dan penginapan.

Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Provinsi Kalimantan Selatan juga berada di peringkat 4 nasional karena terjadi peningkatan wawasan kebangsaan.

Disampaikannya, untuk keseluruhan tahun 2021, pertumbuhan ekonomi lebih tinggi dibandingkan 2020. Peningkatan perekonomian tersebut ditopang oleh perbaikan ekonomi global dan domestik yang berlangsung secara gradual, seiring berlanjutnya program vaksinasi COVID-19.

(Antara/Istimewa)

Menurut Hj Karmila, penyampaian rekomendasi DPRD Provinsi Kalimantan Selatan merupakan catatan strategis sebagai wujud nyata tugas dan fungsi DPRD Provinsi Kalimantan Selatan pada masyarakat dan merupakan progres report dari penyelenggaraan pemerintah daerah selama satu tahun.

Meski demikian, DPRD Kalsel menilai masih terdapat beberapa capaian yang belum optimal. Masih ada catatan yang disampaikan. Namun DPRD menyadari hal ini terjadi karena adanya tantangan yang dihadapi dalam implementasi pelaksanaannya, terlebih di tahun 2021 pandemi masih belum berakhir.

Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Roy Rizali Anwar bersyukur dengan beberapa capaian yang meningkat meski pandemi masih menyelimuti banua di tahun 2021.

Menurutnya, rekomendasi DPRD Kalsel sangat berarti untuk perbaikan kinerja penyelenggaraan pemerintahan ke depan.

"Dari rekomendasi inilah saya akan mendorong SKPD agar memberikan respon yang secepat cepatnya sesuai dengan tugas dan fungsinya," katanya.
 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Mahdani


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022