Asrama Darul Furqan Wal Ilmi di Alamatan Kelurahan  Murung Sari Kecamatan Amuntai Tengah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) melaksanakan kegiatan Tahfiz Ramadan yang berakhir Sabtu (23/4).

Pengelola Tahfiz Darul Furqan Wal ilmi H.Ahd.Fauzi di Amuntai, Sabtu (23/4/22) mengatakan, pelaksanaan Tahfiz untuk pertama kali dilaksanakan di Darul Furqan Wal Ilmi.

"Program Tahfiz ini dilaksanakan untuk  memberikan wawasan Qur'ani baik pengetahuan dan hafalan," ujar Fauzi.

Fauzi mengatakan, sebelumnya  juga dilaksanakan karantina selama enam bulan dan menyusul lagi nantinya karantina liburan di Bulan Desember.
 
Wakil Ketua PC NU Kabupaten HSU Musa Alhadi turut menyerahkan hadiah kepada santri yang terfavorit menghadiri penutupan Karantina Tahfiz Ramadan 1443 H di Asrama Hafiz Darul Furqan Wal Ilmi di Amuntai, Sabtu (23/4/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

 Sebanyak 155 orang, 55 laki-laki dan 100 perempuan, mengikuti kegiatan Tahfiz yang dilaksanakan sejak awal Ramadan ini.

Ia menjelaskan, metode yang digunakan yakni memperbanyak membaca secara Drill, Taqriri atau diserahkan kepada peserta sendiri untuk mencari tehnik menghapal yang mereka sukai. 

Pengurus Asrama sangat berharap kegiatan  kegiatan Tahfiz terus berlanjut pada Ramadan mendatang agar lebih banyak mencetak para penghapal Al Qur'an.

Pada acara penutupan Karantina Tahfiz  Ramadhan di Asrama Darul Furqan Wal ilmi bertempat di Langgar Miftahul Jannah diserahkan hadiah bagi penghapal terbanyak untuk tingkat anak-anak dan remaja.
 
Para pengelola dan guru pendidik di Asrama Hafiz Darul Furqan Wal Ilmi saat penutupan Karantina Tahfiz di Amuntai, Sabtu (23/4/22). (ANTARA/Eddy A/Kominfo HSU)

Turut menghadiri Wakil Ketua Pengurus Cabang Nahdatul Ulama (PC NU) Kabupaten HSU Musa Alhadi yang juga didaulat oleh pihak tuan rumah   untuk menyerahkan hadiah.

Kegiatan penutupan Karantina Tahfiz tersebut  juga di isi tausiyah oleh H.Ramlan Thalib yang intinya menekankan pentingnya mempelajari Al Qur'an dan mengamalkannya dalam kehidupan.

"Tidak hanya menghapal  Al Qur'an namun  kita semua hendaknya mengajarkan dan mengamalkannya sehingga Al Qur'an menjadi pedoman bersama di tengah umat," katanya.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022