Batulicin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan melakukan penghijauan dengan cara menanam sekitar 4.000 pohon secara serentak di kawasan obyek wisata Goa Liang Bangkai Desa Dukuh Rejo Kecamatan Mantawe.

"Acara penanaman pohon di kawasan obyek wisata dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Nasional Tahun 2015 dengan target menanam 4.000 batang pohon dengan jenis yang bervariasi," kata Pejabat Bupati Tanah Bumbu (Tanbu) H. Wahyuddin di Batulicin.

Ia mengatakan, langkah nyata dalam upaya menjaga kelestarian alam yakni masyarakat di sekitar wisata juga turut berpartisipasi melakukan penanaman pohon serta menjaga lingkungan agar tetap asrih untuk mengatasi dampak iklim global.

Aksi penanaman pohon yang bertemakan "Ayo Kerja Tanam dan Pelihara Pohon Untuk Hidup Yang Lebih Baik" itu diharapkan menjadi sebuah motivasi bagi masyarakat secara meluas senantiasa menjaga kelestarian alam khususnya yang berada di kawasan obyek wisata.

Dengan kondisi alam yang sehat dipastikan dapat menambah daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang ke lokasi objek wisata.

"Mari kita tingkatkan upaya untuk melestarikan alam dengan gemar menanam pohon, Ini juga merupakan wujud nyata dalam menjaga keanekaragaman hayati untuk memenuhi kebutuhan generasi kita di masa akan datang," katanya.

Sementara itu Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Hanif Faisol Nurrofiq juga menegaskan tidak sedikit jumlah pohon yang siap ditanam dalam acara tersebut.

Bibit pohon yang tersedia antara lain jenis Mahoni, Ulin, Kuku, Gaharu, Pohon Tanjung, dan Asam Jawa yang sangat cocok tumbuh di daerah pegunungan.

"Kami ingin memberikan motivasi kepada masyarakat agar lebih cinta lingkungan dengan menanam pohon, sehingga mereka mampu menjaga dan merawat pohon yang sudah ditanam sampai nantinya tumbuh besar," katanya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015