Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan berupaya mengoneksikan dunia bisnis dan perkuliahan agar mahasiswa lebih mengenal sistem berwirausaha secara nyata di samping prestasi akademik.

"Pengetahuan dan semangat berwirausaha di kalangan mahasiswa terus menerus kami gelorakan selama perkuliahan sehingga menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan," kata Rektor ULM Prof Sutarto Hadi di Banjarmasin, Rabu.

Salah satu caranya dengan sering menyelenggarakan kuliah umum menghadirkan narasumber berkompeten di bidangnya termasuk kalangan pengusaha sukses untuk berbagi pengalaman.

Menurut Sutarto, contoh nyata dari para pelaku bisnis perlu diberikan kepada mahasiswa agar memiliki gambaran nyata tentang berwirausaha dengan segala dinamikanya.

"Peluang besar berwirausaha harus disadari sejak di bangku kuliah, sehingga ketika lulus nanti tidak semata-mata mencari pekerjaan namun membuka lapangan kerja bagi orang lain," jelasnya.

Diakui Sutarto, saat ini perguruan tinggi ditarget Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk membangun indikator kinerja utama keterlibatan mahasiswa dalam pembelajaran di luar kampus minimal 20 satuan kredit semester (SKS) salah satunya program kewirausahaan.

Maka dari itu, ULM sebagai perguruan tinggi negeri terbaik terakreditasi A mendorong Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka dapat dimaksimalkan mahasiswa menambah pengetahuan dan pengalaman di bisnis.

"Saatnya mahasiswa berpikir lebih luas dengan tidak hanya mengejar prestasi akademik namun mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat sebagai persiapan masa depan termasuk jadi pelaku usaha mandiri," katanya.

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2022