Martapura, (Antaranews Kalsel) - Penjabat Bupati Banjar, Kalimantan Selatan, Rachmadi Kurdi mengajak seluruh komponen masyarakat ikut terlibat dalam upaya menghijaukan kawasan perkotaan di kabupaten itu.


"Masyarakat harus terlibat dalam program penghijauan, apalagi setiap pohon yang tumbuh, bisa mereka nikmati bersama orang lain," ujarnya di Martapura, Jumat.

Ia mengatakan, pihaknya bersama Sekretaris Daerah Nasrun Syah dan pejabat Pemkab Banjar lainnya sudah melakukan penanaman bibit pohon di ruang terbuka hijau, Selasa (8/12).

Penanaman di ruang terbuka hijau yang diberi nama "Kampung Albasia" itu merupakan salah satu kegiatan menggalakkan program penghijauan yang dilakukan Pemkab Banjar.

"Melalui penanaman bibit pohon itu, kami mengajak masyarakat ikut berperan aktif menanam pohon karena manfaatnya sangat besar bagi kita dan lingkungan," ungkapnya.

Menurut dia, selain memberikan contoh kepada masyarakat, program penanaman bibit pohon pada ruang terbuka hijau itu juga sebagai upaya meningkatkan kesadaran aparatur.

"Aparatur Pemkab Banjar harus bisa menjadi contoh bagi masyarakat dan mereka harus terlibat dalam upaya penghijauan baik di lingkungan kantor maupun permukiman," ucapnya.

Dikatakan, program penghijauan yang digalakkan Pemkab Banjar bukan hanya di kawasan perkotaan tetapi juga menyebar di kecamatan hingga pelosok pedesaan.

"Program penghijauan dilakukan untuk menciptakan lingkungan yang teduh, asri dan nyaman sehingga seluruh masyarakat bisa menikmati keindahan lingkungan," ujarnya.

Ditambahkan, pihaknya juga mengimbau seluruh masyarakat agar saling bersinergi dengan dinas dan instansi terkait di Pemkab Banjar dalam mewujudkan penghijauan.

"Pemkab Banjar ingin mewujudkan Martapura sebagai Kota Hijau sehingga harus mendapat dukungan seluruh masyarakat agar impian tersebut bisa terwujud," katanya.

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015